test

News

Kamis, 14 Maret 2024 20:06 WIB

Pemerintah Bakal Beri Diskon Tarif Tol Selama Masa Mudik Lebaran 2024

Editor: Hadi Ismanto

Gerbang Tol Cikampek Utama. (Foto: PMJ/Ginting).

PMJ NEWS - Pemerintah melalui Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) akan memberikan diskon tarif tol selama musim mudik Lebaran 2024. Pemberian diskon ini juga dilakukan pada tahun sebelumnya.

"Insya Allah ada karena diskon itu untuk mengatur lalu lintas," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dikutip pada Kamis (14/3/2024).

Beberapa BUJT menyediakan diskon tarif tol pada periode-periode tertentu seperti musim liburan saat Lebaran, Natal, dan Tahun Baru. Namun, diskon tarif tol biasanya diterapkan di jam-jam tertentu di luar tanggal puncak arus mudik.

Diskon ini diberlakukan di antaranya untuk membantu kelancaran lalu lintas dan meringankan beban biaya perjalanan masyarakat, serta mendorong wisata.

Sementara dalam siaran pers Kementerian Perhubungan yang dirilis pada Selasa (12/3), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut pemerintah akan menerapkan strategi komprehensif untuk mengatasi lonjakan pemudik, yang dikhawatirkan menyebabkan kemacetan.

"Pengaturan waktu mudik, penyelenggaraan diskon tarif transportasi massal untuk mudik lebih dini, mudik gratis, rekayasa lalu lintas, diskon tarif jalan tol, hingga pengaturan lalu lintas terutama pada daerah yang beresiko terjadi kepadatan luar biasa akan kami lakukan," jelas Budi.

BERITA TERKAIT