test

News

Kamis, 14 Maret 2024 13:35 WIB

Kabaharkam Polri Minta Personel Korsabhara Siap Jaga Kamtibmas

Editor: Hadi Ismanto

Kabaharkam Polri, Komjen Pol Fadil Imran saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Kabaharkam Polri, Komjen Pol Fadil Imran meminta Korps Samapta Bhayangkara (Korsabhara) agar senantiasa siap untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Pernyataan tersebut disampaikan Fadil Imran saat menjadi inspektur upacara peringatan HUT Korsabhara Polri ke-72 dilaksanakan di Mako Korsabhara, Depok, Jawa Barat, Kamis (14/3/2024).

"Seluruh anggota Sabhara harus selalu menanamkan dalam hati untuk selalu siap sedia menjaga keamanan masyarakat. Hal ini diperkuat dengan dibentuknya patroli perintis presisi dan patroli kota presisi," ungkap Fadil Imran dalam sambutannya.

Pada kesempatan yang sama, Fadil memberikan apresiasi atas tugas yang dilakukan Korsabhara selama ini. Dia juga mengingatkan akan luasnya tugas Sabhara sebagai garda terdepan kamtibmas, mulai dari preventif hingga represif terbatas.

"Mulai dari mencegah terjadinya kejahatan, menyelesaikan konflik, mengidentifikasi permasalahan, melindungi hak-hak yang yang dijamin oleh konstitusi, Turjawali (pengaturan, penjagaan, dan pengawalan dan patroli)," tuturnya.

"TPTKP (tindakan pertama di tempat kejadian perkara), penegakan hukum terbatas, menciptakan dan menjaga rasa aman agar tidak menimbulkan korban baik manusia maupun harta benda," sambungnya.

Korsabhara, lanjut Fadil, memiliki fungsi SAR. Namun, fungsi tersebut tidak terlepas dari bantuan stakeholder terkait. Selain itu, Korsabhara juga berperan dalam pengamanan objek vital. Hal itu didukung dengan bantuan Polisi Satwa.

"Tugas lain seperti pengamanan objek vital menjadi penting. Serta Sabhara juga didukung dengan Polisi Satwa untuk memback-up tugas-tugas kepolisian pada umumnya," jelasnya.

BERITA TERKAIT