test

Olahraga

Senin, 11 Maret 2024 12:05 WIB

Seri Pembuka MotoGP di Qatar, Francesco Bagnai Juaranya

Editor: Fitriawan Ginting

Francesco Bagnaia juara MotoGP Qatar. (Foto: PMJ/Instagram Ducati).

PMJ NEWS -  Francesco Bagnaia menahbiskan dirinya sebagai juara pertama MotoGP Qatar 2024, pada Senin (11/3/2024) dini hari WIB. Memulai start MotoGP Qatar 2024 posisi kelima, Francesco Bagnaia berhasil menjadi yang tercepat di Sirkuit Lusail. Juara bertahan MotoGP dua musim terakhir itu finis di depan dua pesaing terdekatnya, Brad Binder dan Jorge Martin. Keduanya menempati posisi dua dan tiga.

Sementara, Marc Marquez yang mengawali debutnya dengan pabrikan Gresini Ducati, mengakhiri MotoGP Qatar 2023 di tempat keempat. Raihan Marc Marquez ini jauh lebih baik dibandingkan pembalap Yamaha, Fabio Quartararo yang finis di urutan 11. Race MotoGP Qatar 2024 sempat ditunda selama beberapa menit akibat masalah yang menimpa motor Raul Fernandez. Setelah permasalahan motor Raul Fernandez beres, balapan MotoGP Qatar 2024 dimulai.

Jorge Martin yang memenangkan Sprint Race MotoGP Qatar 2024 langsung memimpin balapan. Namun, tempat terdepan itu gagal dipertahankan Jorge Martin saat Francesco Bagnia melewatinya dengan mulus. Sementara Martin berduel dengan Bagnaia, petaka justru menimpa Jack Miller yang terjatuh di tikungan pertama. Pembalap Australia itu terjatuh setelah mencoba melewati Brad Binder.

Selain itu, Pedro Acosta juga menjadi pebalap tercepat di sirkuit saat ia naik ke posisi ketujuh. Pada lap keempat, Acosta juga sukses melewati Bastianini untuk menduduki tempat keenam. Putaran kedelapan diwarnai melorotnya posisi Martin. The Martinator harus rela turun ke tempat ketiga pasca dilewati oleh Binder, sementara posisi terdepan masih dikuasai Bagnaia hingga putaran lap kesepuluh.

Lap ke-12 menyajikan penampilan ciamik Acosta saat melewati Marquez untuk tempat keempat. Sayangnya pada lap 14, Acosta melakukan sebuah kesalahan yang berhasil kembali dimanfaatkan Marquez untuk naik kembali. Akhir dari lap 22 MotoGP Qatar 2024 menyajikan kemenangan Bagnaia. Pecco finis di depan Binder, Martin, Marc Marquez, Bastianini, Alex Marquez, Di Giannantonio, Espargaro, Acosta, dan Maverick Vinales.


Hasil MotoGP Qatar 2024


1. Francesco Bagnaia | Ducati Lenovo (GP24)
2. Brad Binder | Red Bull KTM (RC16)
3. Jorge Martin | Pramac Ducati (GP24)
4. Marc Marquez | Gresini Ducati (GP23)
5. Enea Bastianini | Ducati Lenovo (GP24)
6. Alex Marquez | Gresini Ducati (GP23)
7. Fabio Di Giannantonio | VR46 Ducati (GP23)
8. Aleix Espargaro | Aprilia Factory (RS-GP24)
9. Pedro Acosta | Red Bull GASGAS Tech3 (RC16)
10. Maverick Viñales | Aprilia Factory (RS-GP24)

BERITA TERKAIT