test

News

Kamis, 7 Maret 2024 18:09 WIB

Polri: Keselamatan Pengguna Jalan Jadi Prioritas Arus Mudik-Balik Lebaran

Editor: Hadi Ismanto

Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan dalam Rakor Kesiapan Pengelolaan Arus Lalu Lintas Mudik-Balik Lebaran 2024. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Irjen Pol Aan Suhanan memberikan penekanan keselamatan pengguna jalan menjadi prioritas dalam pengelolaan arus mudik dan balik pada lebaran 2024 ini.

Pernyataan tersebut diungkapkan Aan Suhanan saat membuka sekaligus memimpin Tactical Floor Game (TFG) Kesiapan Pengelolaan Arus Lalu Lintas Mudik-Balik Lebaran 2024 di Hotel Borobudur, Rabu (6/3/2024).

"Kesiapan pengamanan Idul Fitri arus mudik-balik yang akan melaksanakan dan menyampaikan tindakan-tindakan taktis untuk menangani beberapa kemungkinan potensi kemacetan, trouble spot atau kecelakaan lalu lintas," ungkap Aan Suhanan.

Menurut Aan, TFG dilakukan sebagai wujud kesiapan operasi ketupat. Mulai dari menyamakan persepsi dan pola tindak antar wilayah Polda serta stakeholder dengan mengedepankan kolaborasi.

"Untuk menyamakan persepsi dan aksi pada saat nanti pelaksanaan operasi kita hari ini melakukan simulasi TFG sebagai wujud kesiapan dalam rangka operasi ketupat tahun 2024," tuturnya.

Sebelumnya, Korlantas Polri memperkirakan sebanyak 136 juta masyarakat Indonesia akan melakukan perjalanan mudik dan balik atau berwisata selama libur Lebaran 2024.

"Kita tidak bisa melakukan cara konvensional lagi, harus berbasiskan pada data. Sehingga bisa mengetahui kapan harus dilakukan intervensi berupa penambahan kapasitas jalan dengan contraflow, One Way atau membatasi kendaraan yang beroperasi di jalan," terangnya.

BERITA TERKAIT