test

Kesehatan

Rabu, 28 Februari 2024 12:31 WIB

Tak Melulu Obat, Lima Cara Ini Bisa Redakan Nyeri Sakit Kepala

Editor: Hadi Ismanto

Sakit kepala sebelah atau migrain dapat mengganggu aktivitas. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Hampir semua orang mungkin pernah mengalami sakit kepala. Biasanya banyak dari mereka mengatasi kondisi ini dengan mengonsumsi obat pereda nyeri.

Meskipun obat pereda nyeri dapat meredakan, penggunaan yang terlalu sering dapat menyebabkan ketergantungan dan potensi efek samping. Tapi jangan khawatir ada beberapa pengobatan alami yang efektif meredakan sakit kepala tanpa memerlukan obat-obatan.

Seperti dikutip dari laman Times of India, Rabu (27/2/2024), beerikut cara meredakan sakit kepala tanpa obat pereda nyeri:

1. Hidrasi Tubuh
Dehidrasi adalah pemicu umum sakit kepala, sehingga asupan cairan yang cukup penting untuk pencegahan dan pertolongan. Penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi dapat menyebabkan perubahan struktur dan fungsi otak, sehingga memperburuk gejala sakit kepala.

Usahakan minum delapan gelas air per hari atau lebih banyak jika melakukan aktivitas berat atau saat cuaca panas. Selain itu, mengonsumsi makanan seperti semangka, mentimun, dan sup dapat melengkapi asupan cairan dan membantu meringankan sakit kepala akibat dehidrasi.

2. Kelola Stres
Stres kronis merupakan penyebab utama sakit kepala tegang dan migrain. Menerapkan teknik pengurangan stres dapat secara efektif meredakan gejala sakit kepala dan mencegah terulangnya kembali.

Latihan pernapasan dalam, meditasi, yoga, dan relaksasi otot progresif meningkatkan relaksasi dan mengurangi ketegangan otot. Sehingga mengurangi ketidaknyamanan sakit kepala.

Aktivitas fisik yang teratur, tidur yang cukup, dan menetapkan batasan yang sehat juga dapat membantu mengurangi tingkat stres, meningkatkan ketahanan secara keseluruhan terhadap pemicu sakit kepala.

3. Aromaterapi
Minyak atsiri telah digunakan selama berabad-abad untuk meringankan berbagai penyakit, termasuk sakit kepala. Minyak tertentu, seperti peppermint, lavender, dan kayu putih, memiliki sifat analgesik dan antiinflamasi yang dapat meredakan gejala sakit kepala.

Menghirup minyak esensial melalui inhalasi uap, difusi, atau aplikasi topikal pada pelipis dan leher dapat secara efektif meredakan sakit kepala dan menyebabkan relaksasi.

4. Mengubah Pola Makan
Faktor makanan dapat berperan penting dalam memicu sakit kepala, sehingga modifikasi pola makan merupakan aspek penting dalam penanganan sakit kepala.

Pemicu pola makan yang umum termasuk kafein, alkohol, pemanis buatan, makanan olahan, dan bahan tambahan makanan tertentu seperti MSG dan nitrat. Menerapkan pola makan seimbang dapat membantu mencegah sakit kepala.

5. Kompres Dingin atau Panas
Kompres dingin ke dahi atau leher dapat meredakan sakit kepala dengan cepat dan efektif. Terapi dingin membantu menyempitkan pembuluh darah, mengurangi peradangan, dan mematikan rasa pada area tersebut, sehingga mengurangi ketidaknyamanan sakit kepala.

Alternatifnya, kompres dingin dan panas secara bergantian juga dapat memberikan manfaat tambahan dengan meningkatkan sirkulasi darah dan mengendurkan otot yang tegang.

BERITA TERKAIT