test

News

Kamis, 22 Februari 2024 11:05 WIB

Angin Puting Beliung Landa Perbatasan Bandung-Sumedang, Ini Analisa BMKG

Editor: Hadi Ismanto

Angin puting beliung yang melanda kawasan di perbatasan Bandung dan Sumedang. (Foto: PMJ News/Twitter)

PMJ NEWS - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menganalisis terjadinya angin puting beliung yang melanda kawasan di perbatasan Bandung dan Sumedang, Rabu (21/2/2024) sore.

Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Bandung, Teguh Rahayu mengatakan peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Angin puting beliung ini mengakibatkan atap rumah warga berterbangan.

"Angin puting beliung mengakibatkan atap rumah warga di Kecamatan Jatinangor berterbangan. Angin puting beliung merobohkan pagar PT. Kahatex, Bandung," ungkap Teguh Rahayu dalam keteranganya dikutip pada Kamis (22/2/2024).

Menurut dia, angin puting beliung terjadi saat perbatasan Bandung-Sumedang sedang dilanda hujan dengan kategori ekstrem. Dia menjelaskan, puting beliung terjadi karena adanya pertumbuhan awan CB yang disertai angin kencang.

"Tampak hujan ekstrem dari radar lokasi kejadian. Puting beliung merupakan dampak ikatan pertumbuhan awan CB dan berlanjut hujan lebat disertai angin kencang tiba-tiba dengan durasi singkat dan skala lokal," tuturnya.

"Indeks labilitas berada pada kategori labil sedang hingga tinggi di sebagian wilayah Jawa Barat berpotensi meningkatkan aktivitas pertumbuhan awan konvektif pada skala lokal," imbuhnya.

BERITA TERKAIT