test

Kesehatan

Selasa, 30 Januari 2024 14:39 WIB

Catat, Lima Makanan Sehat Bernutrisi yang Bisa Bikin Kulit Awet Muda

Editor: Hadi Ismanto

Makanan sehat ternyata bisa mempengaruhi kesehatan kulit. (Foto: PMJ News/Ilustrasi)

PMJ NEWS - Asupan makanan yang dikonsumsi ternyata dapat memengaruhi kesehatan dan tampilan kulit. Pemilihan makanan tak sehat bisa membuat kulit terlihat kusam, kering, dan bahkan terlihat lebih tua.

"Kulit adalah organ yang lapar, yang membutuhkan beragam nutrisi untuk bisa tetap sehat," ujar pakar kesehatan kulit dr Wafaa El Mouheb, seperti dilansir dari laman The Sun, Selasa (30/1/2024).

Mouheb mengungkapkan, beragam nutrisi yang diperlukan oleh kulit sejatinya bisa diperoleh dari lima jenis makanan. Berikut ini sederet asupan yang bisa menjaga kesehatan kulit:

1. Makanan Laut
Menurut dr Mouheb, antioksidan tak hanya bisa didapatkan melalui sayur dan buah yang berwarna-warni. Makanan laut seperti salmon, lobster, atau udang juga memiliki antioksidan bernama astaxanthin yang merupakan salah satu jenis karotenoid.

Antioksidan astaxanthin memiliki sifat antiperadangan yang bisa melindungi membran lemak di dalam kulit. Akibatnya, kulit bisa tetap terhidrasi, kenyal, dan tampak dewy. Hidrasi yang cukup pada kulit juga berperan penting untuk mencegah munculnya tanda penuaan dini.

2. Buah Sitrus dan Sayur Berdaun Hijau
Vitamin C berperan penting dalam sintesis kolagen. Vitamin C juga memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu menetralisir radikal bebas yang bisa merusak sel kulit dan memicu penuaan dini.

Beberapa sumber vitamin C yang sangat baik adalah buah-buahan sitrus dan sayuran berdaun hijau seperti bayam atau kale. "Untuk kesehatan kulit yang lebih baik, kita perlu mengonsumsi sekitar 7-10 porsi per hari," ucapnya.

3. Unggas
Zinc dapat mencegah kemunculan spot penuaan dengan cara membantu menjaga keseimbangan hormon dan menormalkan kadar testosteron. Zinc juga berperan penting dalam produksi kolagen yang penting untuk perbaikan kulit dari bekas luka.

Asupan zinc bisa didapatkan dari daging unggas, seperti ayam, kalkun, bebek, atau angsa. Sedangkan bagi orang yang vegetarian, zinc bisa diperoleh dari biji bunga matahari atau biji labu.

4. Telur
Biotin merupakan vitamin B yang dikenal sebagai B7. Kekurangan asupan vitamin larut air ini bisa membuat kulit menjadi bersisik, rambut serta kuku menjadi pecah-pecah, dan mata menjadi kering.

Telur merupakan salah satu sumber biotin yang menyehatkan untuk dikonsumsi. Satu butir telur yang sudah matang bisa memenuhi sekitar 27 persen kebutuhan harian biotin.

5. Kacang-kacangan
Kulit kemerahan, gatal, atau terasa sakit bisa disebabkan oleh reaksi peradangan. Beberapa jenis asupan, seperti gula, lemak, daging olahan, produk susu, dan karbohidrat sederhana bisa memperburuk kondisi peradangan di kulit.

Namun di sisi lain, kacang-kacangan bisa membantu meredam peradangan di usus dan kulit. Manfaat ini berasal dari kandungan asam lemak seperti omega-3 dan omega-6 yang ada di kacang-kacangan seperti almond atau kenari.

"Omega-3 juga bisa membantu melembutkan kulit yang kasar dan kering, serta menenangkan efek iritasi serta dermatitis," tukasnya.

BERITA TERKAIT