test

Kesehatan

Rabu, 11 Oktober 2023 10:04 WIB

Catat, Ini Lima Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Mata

Editor: Hadi Ismanto

Seseorang tengah memeriksakan kesehatan mata. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Mata merupakan organ tubuh ini memiliki fungsi yang cukup penting. Menjaga kesehatan mata bisa dilakukan dengan beberapa cara, misalnya dengan mengonsumsi makanan sehat.

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin untuk mata, serta melengkapinya dengan suplemen tambahan bisa menjadi cara menjaga kesehatan mata.

Seperti dilansir dari laman CNet, Rabu (11/10/2023), berikut sederet makanan yang baik dan dipercaya dapat menjaga kesehatan mata.

1. Brokoli
Sebuah studi yang dipromosikan oleh American Optometric Association menemukan bahwa indole-3-carbinol, senyawa yang ditemukan dalam brokoli, dapat membantu menghilangkan racun dari retina.

Hal itu mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia, salah satu penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa lanjut usia. Brokoli juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang juga melindungi mata.

2. Ikan Salmon
Menjaga kesehatan mata berarti menjaganya tetap terhidrasi. Beberapa makanan terbaik untuk kesehatan mata bisa bermanfaat. Ikan salmon misalnya, mengandung asam lemak omega-3.

Hal ini membantu mengurangi risiko mata kering, suatu kondisi tidak nyaman yang semakin umum terjadi seiring bertambahnya usia.

3. Wortel
Kita mungkin pernah mendengar ini sebelumnya, bahwa wortel adalah salah satu makanan terbaik untuk kesehatan mata. Sebagai permulaan, buah ini mengandung banyak beta-karoten, antioksidan yang digunakan tubuh untuk membuat vitamin A.

Vitamin A membantu kita melihat di malam hari dan melindungi dari miopia (rabun jauh). Ditambah lagi, wortel juga mengandung lutein, antioksidan lainnya. Yang ini dapat membantu kita menurunkan risiko AMD.

4. Bayam
Bayam merupakan sumber nutrisi lengkap dan salah satu makanan terbaik untuk kesehatan mata. daun hijau ini juga mengandung banyak lutein, yang tercatat sebagai komponen kunci kesehatan mata. Dan bayam juga mengandung zeaxanthin.

5. Telur
Telur menyediakan hampir semua yang dibutuhkan mata, mulai dari lutein dan zeaxanthin hingga zinc dan vitamin A.

Sebuah penelitian pada 2019 menyimpulkan bahwa makan telur dalam jumlah sedang (sekitar dua hingga empat butir telur per pekan) secara teratur dapat mengurangi kolesterol secara signifikan, dan risiko AMD.

BERITA TERKAIT