test

Olahraga

Selasa, 16 Januari 2024 16:02 WIB

Timnas Kalah 1-3 dari Irak, Shin Tae-yong Soroti Gol Kedua Offside

Editor: Fitriawan Ginting

Timnas Indonesia di Piala Asia Qatar 2023. (Foto: PMJ/Dok PSSI).

PMJ NEWS -  Timnas Indonesia yang berada di Grup D harus mengakui keunggulan lawannya Irak dengan skor 1-3 di Piala Asia Qatar 2024 yang digelar di Stadion Ahmed Bin Al, Senin (15/1/2024). Namun begitu, dari kekalahan tersebut masih ada yang mengganjal pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan ini menyebut, gol kedua Irak ke gawang Indonesia dianggap tidak sah. Ia menilai, keputusan wasit keliru, karena baginya pemain Irak dalam posisi offside.

“Saya ingin menyampaikan mengenai gol kedua yang kami terima, karena itu bukan gol yang dapat kami terima. Ini adalah seratus persen offside dan kesalahan keputusan yang dibuat oleh wasit,” kata Shin usai pertandingan.

Dikatakan Shin Tae-yong, gol kedua Irak yang seharusnya offside itu memalukan. Keputsan wasit terkait hal ini bagi Shin, akan memberi citra buruk bagi turnamen Piala Asia.

“Hal ini dapat memperburuk citra dari turnamen ini. Bagi saya gol kedua ini sangat memalukan, karena ini adalah momen krusial di waktu tambahan,” ungkap mantan pelatih Timnas Korsel ini.

Meski timnya kalah, Shin tetap mengapresiasi kerja keras anak asuhnya. Ia meneyebut para pemain berjuang dengan baik.

“Selamat kepada Irak atas kemenangannya. Walau demikian saya sampaikan, tim kami telah menunjukkan perjuangan yang baik,” tegasnya.

Berdasarkan hasil pertandingan kedua di Grup D tersebut, kini Indonesia menduduki dasar klasemen sementara grup D tanpa poin. Sementara Vietnam yang juga belum memiliki poin berada di posisi ketiga karena unggul produktivitas gol dari Indonesia.

Irak dengan 3 poin berada di tempat kedua klasemen sementara. Sedangkan Jepang dengan poin sama namun lebih unggul produktivitas gol berada di puncak klasemen. Berikutnya, Indonesia dijadwalkan menghadapi Vietnam pada pertandingan kedua.

BERITA TERKAIT