test

Kesehatan

Selasa, 9 Januari 2024 11:03 WIB

5 Manfaat Nangka Bagi Kesehatan, Baik Buat Kesehatan Jantung dan Tulang

Editor: Hadi Ismanto

Buah nangka memiliki kandungan gizi yang melimpah sehingga bermanfaat bagi kesehatan. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Nangka merupakan jenis buah berdaging serat yang memiliki aroma dan rasa yang khas. Buah ini memiliki kandungan gizi yang melimpah sehingga bermanfaat bagi kesehatan.

Buah nangka kaya akan vitamin C, A, kalsium, kalium, zat besi, zinc, asam folat, serat, bahkan protein. Selain itu, buah nangka juga rendah kalori dan dikenal dapat menyokong sistem kekebalan tubuh melalui sifat anti-bakteri dan anti-virus yang terkandung di dalamnya.

Seperti dilansir dari laman Verywell Fit, Selasa (9/1/2024), berikut sederet manfaat mengonsumsi buah nangka bagi kesehatan:

1. Baik untuk Kesehatan Jantung
Serat dan potasium merupakan kandungan utama dalam buah nangka. Kedua nutrisi ini diketahui membantu menjaga kesehatan jantung. Selain itu, kalium dalam nangka mengatur tekanan darah dan stroke.

"Mengonsumsi makanan tinggi serat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol sebanyak 10 persen. Tentu saja hal tersebut mendukung kesehatan jantung," jelas ahli nutrisi, Sarah Garone NDTR.

Bahkan, kandungan vitamin C pada buah nangka dapat membantu mencegah ketidakstabilan plak aterosklerosis. Tentu berperan besar dalam menurunkan risiko serangan jantung.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Vitamin C dalam buah nangka juga mendukung sistem kekebalan tubuh, memperbaiki kerusakan sel, dan membantu tubuh menyerap nutrisi penting lainnya seperti zat besi.

"Sehingga buah ini cocok bagi perokok pasif, orang dengan latihan fisik ekstrem atau suhu dingin," ujarnya.

Sebab, kini vitamin C telah terbukti mengurangi flu biasa hingga 50 persen. Vitamin C juga merupakan prekursor kolagen yang penting untuk penyembuhan luka.

3. Tingkatkan Kualitas Tidur
Nangka mengandung zat besi dan magnesium yang dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Insomnia sering kali disebabkan oleh anemia. Kondisi kurang darah tersebut bisa diatasi dengan mengonsumsi magnesium dalam jumlah yang cukup. Sehingga kualitas tidur bisa normal kembali.

"Menyantap makanan dengan kandungan tinggi magnesium dapat bermanfaat untuk kualitas tidur yang lebih baik. Buah ini mampu mengurangi insomnia, terutama bagi orang lanjut usia," ungkap Sarah.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang
Banyak sekali alternatif sumber kalsium yang bisa memberikan asupan tersebut, salah satunya adalah nangka. Tidak hanya kalsium, buah ini juga mengandung potasium dan magnesium. Ketiga kandungan tersebut memiliki peran penting dalam pertumbuhan tulang.

Sehingga menyantap nangka membantu meningkatkan kesehatan tulang seseorang secara menyeluruh. Selain itu, nangka juga mengandung banyak vitamin C yang membantu penyerapan kalsium, sehingga tulang terjaga secara maksimal.

5. Turunkan Resiko Diabetes Tipe Dua
Nangka memiliki Glycemic Index (GI) rendah yang membuatnya aman untuk dikonsumsi. Apalagi pasien diabetes, nangka mampu menjaga gula darah agar terkontrol.

Namun, nangka tidak cocok untuk penderita asam urat. Buah ini mengandung tinggi purin yang bisa memperparah penyakit tersebut.

BERITA TERKAIT