test

Kesehatan

Minggu, 7 Januari 2024 10:03 WIB

5 Tips Agar Tetap Sehat dan Cegah Sakit Saat Musim Hujan

Editor: Hadi Ismanto

Ilustrasi orang sedang sakit flu. (Foto: PMJ News/Hadi)

PMJ NEWS - Musim penghujan yang sudah hampir merata di beberapa daerah di indonesia dapat berpotensi menyebabkan seseorang rentan penyakit. Mulai dari pilek, batuk, flu, alergi, dan demam berdarah.

Seperti dilansir dari laman Nurture, Minggu (7/1/2024), berikut tips agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit saat musim hujan.

1. Tingkatkan Asupan Cairan
Dengan memenuhi asupan cairan yang ada dalam tubuh, akan membersihkan tubuh dari kuman dan bakteri. Bahkan tidak hanya itu, pemenuhan cairan juga dapat membantu Anda mencegah dari sakit batuk dan pilek.

Salah satu tips kesehatan di musim penghujan yang dapat Anda lakukan yaitu memastikan bahwa air yang diminum aman.

2. Jaga Diri Tetap Kering dan Tidak Kehujanan
Pada musim hujan menjaga diri Anda tetap kering dan bersih merupakan hal yang penting. Karena hal itu mencegah Anda dari penyakit seperti pilek, batuk, demam, atau flu.

Namun, jika Anda terlanjur kebasahan akibat kehujanan saat bepergian, disarankan agar Anda segera mandi sesudahnya, kondisi itu akan mengatur suhu tubuh Anda.

3. Konsumsi Multivitamin
Tingkatkan sistem kekebalan Anda untuk mempertahankan diri dari penyakit. Biasanya, dengan mengonsumsi makan makanan sehat dan meminum multivitamin dapat melengkapi kebutuhan Anda.

Suplemen yang dapat diminum antara lain vitamin C atau Seng, karena kedua kandungan itu dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mereka dikenal efektif melawan infeksi.

4. Cuci Tangan Teratur
Mencuci tangan secara teratur akan mencegah masuknya ke dalam tubuh. Mencuci tangan secara teratur adalah langkah pertama untuk mencegah penyakit. Bakteri yang paling sering timbul dan ditularkan melalui air yaitu diare.

5. Lakukan Vaksin Anti Flu
Vaksinasi disarankan agar melakukan kegiatan ini. Sebab, cara ini dapat menjadi salah satu cara jitu ketika Anda menghadapi musim penghujan sehingga tubuh akan lebih terlindungi dan meminimalkan keluarga tertular dari penyakit tersebut.

BERITA TERKAIT