test

News

Jumat, 5 Januari 2024 19:05 WIB

Bina Marga DKI Jakarta Ungkap Penyebab Jalan Olimo Jakbar

Editor: Hadi Ismanto

Jalan amblas terjadi di sekitar lampu merah Olimo menuju Jalan Gajah Mada, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat. (Foto: PMJ News/Instagram)

PMJ NEWS - Bina Marga DKI Jakarta menyebut amblasnya ruas jalan di kawasan Olimo, Taman Sari, Jakarta Barat, dikarenakan terdampak relokasi jaringan utilitas oleh PT PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat..

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Heru Suwondo mengatakan relokasi jaringan SKTT 150 kV ini dilakukan seiring dengan adanya pembangunan Stasiun MRT Mangga Besar.

"Kronologi relokasi jaringan SKTT 150 kV PLN yang terdampak pembangunan MRT Jakarta Fase 2A CP202 Harmoni-Mangga Besar," ungkap Heru dalam keterangannya, Jumat (5/1/2024).

"Pekerjaan sudah dimulai sejak Desember 2023 di dua lokasi pembuatan pit SKTT. PT PLN sudah berkoordinasi dengan pihak Dishub Provinsi DKI Jakarta terkait press release rekayasa lalu lintas saat pekerjaan berlangsung," tambahnya.

Menurut Heru, pihaknya telah mengingatkan pekerjaan galian tersebut berpotensi berdampak terhadap kerusakan jalan sehingga diperlukan langkah mitigasi untuk menanggulanginya. Namun, kenyataannya, jalan amblas pun terjadi.

"Terhadap kegiatan tersebut sudah diingatkan pekerjaan galian relokasi yang berdampak pada kerusakan jalan di sekitarnya dan mitigasi penanganannya," tuturnya.

Atas kejadian ini, Heru menyampaikan PLN maupun MRT Jakarta akan melakukan perbaikan berupa perapian pagar proyek yang sempat jatuh, penimbunan kembali jalan berlubang dengan sirtu.

Kemudian perbaikan shoring dan sheet pile di lokasi galian pit serta penimbunan kembali pada jalan yang ambles dan menggunakan steel plate agar dapat dilalui lalu lintas. PLN dan MRT Jakarta bakal berkoordinasi ke Dishub terkait penutupan jalan dan pengalihan arus lalu lintas.

"Tindak lanjut penanganan jalan amblas akan diselesaikan secepatnya," tukasnya.

BERITA TERKAIT