test

News

Selasa, 2 Januari 2024 11:34 WIB

Jokowi Resmikan Empat Terminal Tipe A di Jawa Tengah dan Jawa Timur

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi meresmikan empat terminal tipe A di Jawa Tengah dan Jawa Timur. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan empat terminal tipe A di antaranya Terminal Purworejo di Kabupaten Purworejo, Mendolo di Wonosobo, Terminal Purboyo di Blitar, dan Terminal Patria di Madiun.

"Dengan mengucap bismillahirahmanirahim saya resmikan Terminal Purworejo di Kabupaten Purworejo, Terminal Mendolo di Kabupaten Wonosobo Jateng, serta Terminal Purboyo di Kota Madiun, Terminal Patria di kota Blitar Provinsi Jatim," ungkap Jokowi saat peresmian terminal Purworejo, Jawa Tengah, Selasa (2/12/2024)..

Jokowi mengatakan, pemerintah telah berupaya membangun transportasi publik. Hal itu untuk mengantisipasi kemacetan di semua kota, karena pemerintah kejar kejaran mengatasi kemacetan di berbagai kota dengan membangun sarana yang mendukung transportasi massal.

"Sekarang ini macet hampir ada di semua kota. Kota kecil pun sekarang sudah macet sehingga transportasi massal, transportasi umum harus terus didorong," tuturnya.

Jokowi juga menambahkan, suatu saat antar-kota dan kabupaten akan terjadi konektivitas sehingga perlu dibangun sarana transportasi massal yang baik. Oleh karenanya, dia menyambut baik pembangunan empat terminal tersebut.

"Meskipun banyak pro dan kontra, misalnya pembangunan kereta cepat tetapi antar kota di Jawa ini nanti pada suatu saat akan kotanya akan sambung, menjadi aglomerasi, yang mau tidak mau kalau transportasi massalnya tidak terbangun, akan stuck, macet, dan bisa terjadi kalau itu tidak terbangun, misalnya di Jakarta, keluar dari rumah mau ke jalan sudah mentok macet," kata Jokowi.

"Oleh sebab itu saya sangat menghargai pembangunan empat terminal di Purworejo, Wonosobo, Madiun, Blitar karena ini akan memberikan dukungan sarana dan prasarana transportasi, meningkatkan konektivitas antar kota, antar kabupaten dan provinsi," ujarnya.

BERITA TERKAIT