test

News

Rabu, 6 Desember 2023 13:35 WIB

Resmikan RS Terbesar di NTT, Jokowi: Masyarakat Tak Usah Jauh ke Jakarta

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi meresmikan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Ben Mboi di Kupang, Nusa Tenggara Timur. (Foto: PMJ News/BPMI Setpres)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Ben Mboi di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (06/12/2023). Rumah sakit ini menjadi yang terbesar di daerah tersebut.

"Ini adalah rumah sakit terbesar di Indonesia bagian timur, utamanya di NTT. Menempati lahan seluas kurang lebih 14 hektare dan bangunannya sendiri 35 ribu meter persegi. Ini rumah sakit yang besar sekali," ungkap Jokowi.

Presiden berharap kehadiran fasilitas kesehatan ini dapat meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Indonesia bagian timur sehingga tidak perlu ke daerah lain. Dia pun mendorong pemenuhan tenaga kesehatan terutama dokter spesialis dan subspesialis.

"Semoga ini menjadi infrastruktur kesehatan di NTT dan juga bisa meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, tidak usah jauh-jauh ke Jakarta, cukup di sini semuanya bisa ditangani," tuturnya.

"Dan yang paling penting juga penambahan SDM [sumber daya manusia], utamanya yang dokter spesialis dan subspesialis segera memang harus dikejar, agar kekurangan yang ada bisa segera dipenuhi," imbuhnya.

Menurut Jokowi, rumah sakit ini memiliki peralatan kesehatan yang super modern. Presiden pun meminta jajaran RSUP dr. Ben Mboi dapat merawat segala peralatan tersebut dengan baik. Dia juga berharap agar rumah sakit ini bekerja sama dengan rumah sakit lain yang ada di NTT.

"Tadi saya lihat MRI, saya lihat CT-scannya, saya berpikir, ini yang mengoperasikan ada ndak. Karena peralatannya betul-betul super modern, mestinya nanti bisa kerja sama dengan rumah sakit yang lain," terangnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Pj. Gubernur Nusa Tenggara Timur Ayodhia Kalake.

BERITA TERKAIT