test

News

Kamis, 9 November 2023 14:08 WIB

Gelaran Piala Dunia U-17 di Jakarta , Polda Metro Antisipasi 10 Hal Ini

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Suyudi Ario Seto beri keterangan. (Foto: PMJ/Fajar).

PMJ NEWS - Polda Metro Jaya siap mengamankan perhelatan kejuaraan sepak bola Piala Dunia U-17 yang salah satu lokasinya digelar di Jakarta, tepatnya di Jakarta Internasional Stadium.

Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Suyudi Ario Seto dalam amanatnya saat memimpin apel gelar pasukan operasi Apel Bacuya 2023 mengatakan ada sejumlah hal yang perlu diantisipasi.

“Pertama, kerumunan atau crowd di pintu masuk stadion. Kedua, kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas,” ujar Suyudi dalam amanatnya, Kamis (9/11/2023).

Selanjutnya, yang ketiga yakni potensi adanya gesekan fisik antar suporter. Lalu pengamanan perihal adanya potensi penghadangan, penyerang ataupun pelemparan terhadap wasit, pemain, maupun staf tim.

Kemudian antisipasi potensi gangguan yang bisa masuk ke dalam stadion dibawa oleh suporter, diantaranya seperti kembang api atau flare.

“Spanduk yang dibawa suporter bersifat politik maupun dukungan terhadap salah satu negara yang berkonflik seperti konflik Israel dan Palestina,” katanya.

Potensi yang ketujuh yakni ancaman aksi teror seperti ancaman bom atau bom bunuh diri, serta penyerangan terhadap aparat keamanan TNI-Polri.

“Delapan, Aksi kejahatan konvensional, kejahatan jalanan dan aksi premanisme,” ucapnya.

Potensi yang selanjutnya yakni adanya sabotase yang mengganggu jalannya rangkaian kegiatan pelaksanaan Piala Dunia U-17.

“Sepuluh, kejadian kontingensi dan bencana alam,” tuturnya.

“Oleh karana itu kita persiapkan semaksimal mungkin mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pengendaliannya. Agar kepercayaan pemerintah terhadap Polri untuk mengamankan event yang sangat penting ini harus kita maknai dengan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Kita jangan underestimate, jangan pernah menganggap biasa-biasa saja, waspadai terhadap segala ancaman sekecil apapun yang dapat mengganggu jalannya pertandingan,” tandasnya.

BERITA TERKAIT