test

News

Kamis, 9 November 2023 12:38 WIB

Resmikan PLTS Terapung Cirata, Jokowi: Terbesar di Asia Tenggara

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (9/11/2023). Proyek ini disebut terbesar di Asia Tenggara.

Proyek yang masuk Proyek Strategis Nasional (PSN) ini mempunyai kapasitas 145 MW Ac atau setara 192 MWp. Pembangkit tersebut menempati area waduk seluas 200 hektare.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pagi hari ini saya resmikan tenaga surya PLTS Terapung Cirata 192 MWp," ujar Jokowi dikutip dari siaran kanal YouTube Sekretariat Presiden.

"Hari ini hari bersejarah karena mimpi besar kita untuk membangun pembangkit EBT dalam skala besar akhirnya bisa terlaksana. Kita berhasil membangun salah satu pembangkit listrik tenaga surya terapung paling besar di Asia Tenggara dan nomor ketiga di dunia," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Jokowi mengaku senang proyek PLTS ini telah selesai. Menurut dia, proyek tersebut rampung berkat kerja sama Kementerian ESDM, BUMN, PLN, hingga perusahaan Masdar selaku investor.

"Saya gembira dan bangga PLTS Cirata terapung ini selesai, ini hasil kerja Kementerian ESDM, BUMN, bersama PLN dan kolaborasi dengan kekuatan dunia, yaitu Masdar dari UAE," tukasnya.

BERITA TERKAIT