test

Kesehatan

Minggu, 5 November 2023 17:06 WIB

5 Kebiasaan Harian yang Bisa Bikin Anda Terlihat Awet Muda

Editor: Hadi Ismanto

Proses penuaan dini bisa dicegah dengan menggunakan bahan alami. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Penuaan merupakan sifat alamiah tubuh seiring bertambahnya usia. Namun, tidak ada salahnya melakukan perawatan agar tubuh tetap sehat dan juga tampak sedikit muda dari umur aslinya.

Seperti dilansir dari laman Best Life, Jumat (3/10/2023), ada sejumlah kebiasaan sederhana yang bisa diterapkan dalam keseharian agar tetap terlihat awet muda:

1. Makan Cukup Protein
Mengonsumsi makanan yang cukup protein dapat membantu produksi kolagen. Kolagen telah terbukti membantu elastisitas kulit, mengurangi garis-garis halus dan kerutan, serta meningkatkan hidrasi kulit.

Ahli diet terdaftar Alex Evink MS RD mengatakan produksi kolagen menurun seiring bertambahnya usia. Pola makan yang mencakup sumber protein berkualitas tinggi memastikan bahwa tubuh memiliki asam amino.

"Sumber protein berkualitas tinggi antara lain ayam, ikan, dan telur,” ujar Alex Evink.

2. Makan Sayuran Segar
Vitamin C, unsur tembaga, dan seng juga dibutuhkan untuk memproduksi kolagen. Jadi pastikan pola makan Anda mengandung banyak buah dan sayur agar membantu menjaga produksi kolagen, sehingga kulit tampak lebih awet muda.

3. Mengatasi Hiperpigmentasi
Dalam hal perawatan kulit, wanita cenderung ingin mengurangi garis dan kerutan agar terlihat lebih muda. Namun, cara tercepat dan termudah untuk terlihat 10 tahun lebih muda adalah dengan mengurangi hiperpigmentasi dan meratakan warna kulit menggunakan Vitamin C, menurut Jillian Ehrenberg, ahli kimia kosmetik dan pemilik lini perawatan kulit nabati Acta Beauty

4. Hidrasi Mewat Makanan
Makanan ini menjaga kulit tetap berisi, melawan garis dehidrasi, dan membuang racun. Ingat, kulit bercahaya dimulai dari dalam.

"Selain minum banyak air, nikmatilah makanan kaya air seperti mentimun dan semangka,” ucap Anna Peterson, ahli kosmetik dan pemilik Salon Route.

5. Lakukan Pijat Wajah
Ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan dari pijat wajah secara teratur. Ini bukan hanya tentang relaksasi; tapi juga meningkatkan sirkulasi, drainase limfatik, dan dapat mengangkat otot-otot wajah.

BERITA TERKAIT