test

Kesehatan

Jumat, 10 November 2023 11:44 WIB

Penelitan Ungkap Delapan Cara Agar Panjang Umur dan Awet Muda

Editor: Hadi Ismanto

Menjaga kesehatan bisa menjadikan Anda hidup lebih lama. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Kebanyakan orang berpikir faktor genetik menentukan seseorang berumur panjang. Namun, gaya hidup dan pola makan sehat justru yang berperan penting agar tetap sehat hingga masa tua.

Setidaknya ada delapan cara agar seseorang bisa berumur panjang dan terlihat awet muda. Hal ini terbukti melalui penelitian yang akan dipresentasikan pada Sesi Ilmiah American Heart Association 2023 di Philadelphia.

Penelitian tersebut menemukan memiliki kesehatan kardiovaskular yang tinggi dapat memperlambat penuaan biologis sebesar rata-rata enam tahun. Ini artinya Anda akan panjang umur dan hidup awet muda.

Kondisi ini juga dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan penyakit lain yang terkait dengan penuaan. Namun, temuan ini belum dipublikasikan dalam jurnal ilmiah yang ditinjau oleh rekan sejawat.

Seperti dilansir dari laman Health Line, Jumat (10/11/2023), berikut cara panjang umur dan hidup awet muda berdasarkan penelitian antara lain tidur nyenyak, tidak merokok, melakukan aktivitas fisik secara teratur, dan makan makanan yang sehat.

Kemudian menjaga berat badan yang sehat, kontrol kadar gula darah, kontrol kadar kolesterol, dan menjaga tekanan darah dalam kisaran normal.

Peneliti mengamati seberapa baik orang mengikuti daftar Life's Essential 8 di atas. Kedelapan ukuran tersebut dirata-ratakan dan skor tersebut digunakan untuk menempatkan orang dalam kategori kesehatan kardiovaskular tinggi, sedang, atau rendah.

Peneliti juga mengukur proses penuaan biologis dengan menghitung usia fenotipik peserta penelitian. Usia fenotipik didasarkan pada usia kronologis ditambah hasil sembilan tes darah yang dipilih sebagai indikator metabolisme, peradangan, dan fungsi organ.

Untuk menentukan percepatan usia fenotipik setiap orang, perbedaan antara usia kronologis dan fenotipik dihitung untuk melihat apakah mereka menua lebih cepat atau lebih lambat dibandingkan usia kronologisnya.

setidaknya ada 6.500 orang dewasa terlibat dalam penelitian ini, para peneliti menemukan orang dengan kesehatan kardiovaskular tinggi secara fisiologis lebih muda dari usia mereka. Rata-rata usia kronologis mereka adalah 41 tahun, namun usia biologis mereka adalah 36 tahun.

Di sisi lain, mereka yang memiliki kesehatan jantung rendah ternyata mengalami penuaan lebih cepat dari perkiraan. Orang-orang ini memiliki usia rata-rata 53 tahun, namun usia biologis rata-rata mereka adalah 57 tahun.

BERITA TERKAIT