test

News

Jumat, 3 November 2023 13:37 WIB

Menlu RI: Empat WNI Berhasil Dievakuasi dari Gaza dan Berada di Mesir

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi. (Foto: PMJ News/YouTube Kemenlu).

PMJ NEWS - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi mengungkapkan sebanyak empat orang WNI sudah berhasil dievakuasi dari Gaza, Palestina. Saat ini, mereka telah berada di Mesir.

"Pada tanggal 2 November sekitar pukul 19.00 waktu Mesir atau sekitar pukul 00.00 WIB 3 November, 4 WNI dan 1 istri WNI telah berhasil dievakuasi dari Gaza dan sudah tiba di Rafah," jelas Retno Marsudi kepada wartawan, Jumat (3/11/2023).

Menurut Retno, tim dari KBRI Kairo sudah bersama para WNI. Dia juga mengaku telah berkomunikasi dengan tim KBRI Kairo dan mendapatkan informasi mengenai perjalanan ke Kairo.

"Sebelum press briefing ini dimulai, kami melakukan kontak kembali kepada tim dan Alhamdulillah didapatkan informasi bahwa WNI dan tim dari KBRI Kairo sudah tiba di Kairo dengan selamat," terangnya.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian Luar Negeri menyampaikan proses evakuasi warga negara Indonesia (WNI) di Gaza, Palestina kemungkinan akan dilakukan hari ini Rabu (1/11/2023).

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan proses evakuasi kemungkinan tidak dapat dilakukan sekaligus, melainkan akan dilakukan secara bertahap.

"Sejak dini hari, kita terus lakukan kontak di lapangan untuk mencoba melakukan evakuasi. Tentunya informasi ini kita sampaikan setelah kita lakukan kontak dengan banyak sekali pihak," ungkap Retno kepada wartawan.

"(Evakuasi) kemungkinan besar tidak akan dapat dilakukan sekaligus tapi dilakukan bertahap dan dengan mengutamakan keselamatan. Sekali lagi dengan mengutamakan keselamatan," sambungnya.

BERITA TERKAIT