test

Olahraga

Kamis, 5 Oktober 2023 07:07 WIB

Marc Marquez Resmi Berpisah dengan Repsol Honda Usai 11 Tahun Bersama

Editor: Ferro Maulana

Pebalap Marc Marquez. (Foto: Istimewa)

PMJ NEWS -  Menjalani 11 tahun bersama, Pebalap MotoGP Marc Marquez resmi berpisah dengan Repsol Honda pada akhir musim ini.

Meski begitu, masih ada sisa kontrak satu tahun, dimana keduanya sepakat berpisah secara damai.

Honda Racing Corporation (HRC) mengungkapkan pengumuman itu di situs resminya pada Rabu (4/10/2023) waktu setempat.

HRC mengaku sepakat mengakhiri kontrak Marquez sebelum waktunya, di mana disebut-sebut merupakan permintaan pribadi dari pembalap asal Spanyol tersebut.

"Dengan sisa satu tahun dalam kontrak empat tahun antara HRC dan Marc Marquez, kedua pihak sepakat untuk mengakhiri kerja sama setelah selesainya musim MotoGP 2023,” terang HRC.

“Demi yang terbaik, kedua pihak akan menempuh jalan berbeda untuk tujuan dan target masing-masing di masa depan," sambungnya.

Adapun keputusan tersebut akan mengakhiri 11 tahun kolaborasi antara keduanya, di mana telah menghasilkan 6 kali gelar juara dunia MotoGP buat Marquez, serta 5 kali Triple Crown alias menjadi jawara sekaligus dalam satu musim dari sisi pembalap, tim, dan pabrikan.

Dalam keterangannya, HRC mengungkap jasa Marquez yang meraih kemenangan debutnya di MotoGP bersama Honda RC213V di seri GP Austin 2013.

Ia mencatatkan rekor sebagai juara seri termuda, kemudian sekaligus menjadi juara dunia, bahkan berstatus jawara termuda pada musim itu juga dengan usia 20 tahun 266 hari

BERITA TERKAIT