test

News

Senin, 2 Oktober 2023 09:35 WIB

Demo Buruh di Patung Kuda, 6.520 Personel Gabungan Diterjunkan

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

Pengamanan aksi demo di Patung Kuda beberapa waktu lalu. (Foto: PMJ/Ilustrasi).

PMJ NEWS - Polda Metro Jaya akan melakukan pengamanan jalannya aksi unjuk rasa yang dilaksanakan sejumlah elemen massa dari aliansi buruh di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, hari Senin (2/10/2023).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan ribuan personel gabungan akan dikerahkan untuk pengamanan aksi demo buruh.

“Total 6.520 personel gabungan kita kerahkan untuk mengamankan aksi demo,” ujar Trunoyudo dalam keterangannya, Senin (2/10/2023).

Adapun aksi demo dari Partai Buruh hari ini yakni perihal putusan Judicial Review (JR) Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja Nomor 6 Tahun 2023 di Mahkamah Konstitusi (MK)

Trunoyudo merincikan total dari ribuan personel itu terdiri dari 4.530 personel Polri, 1.680 personel TNI serta dari Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta yang menerjunkan 310 personel.

“Satgasda 3.295 personel, Satgasres 615 personel dan BKO (TNI dan Pemda) 2.610 personel,” ucapnya.

Sementara untuk lalu lintas, Trunoyudo menambahkan pihaknya menyiapkan skema pengalihan arus di sekitar lokasi guna menghindari adanya gangguan terhadap aktivitas masyarakat.

“Kita juga siapkan rekayasa lalu lintas yang mengarah ke titik demo. Sifatnya tetap situasional namun diharapkan (untuk) menghindari jalur tersebut,” katanya.

Skema pengalihan arus lalu lintas yang disiapkan yakni:
1.    Arus lalu lintas dari arah HI menuju Jalan Merdeka Barat akan dialihkan ke Jalan Budi Kemuliaan atau Jalan Merdeka Selatan.

2.    Arus lalu lintas dari arah Tugu Tani menuju Jalan Merdeka Utara akan dialihkan ke Jalan Perwira (Situasional).

3.    Arus lalu lintas dari arah Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit, Jalan Merdeka Utara akan dialihkan ke Jalan Juanda atau ke Jalan Suryopranoto.

4.    Jalan Abdul Muis menuju Jalan Gajah Mada akan dialihkan ke Jalan Tanah Abang Satu.

BERITA TERKAIT