test

News

Kamis, 7 September 2023 16:46 WIB

Sekjen PBB Memuji Bhinneka Tunggal Ika, Jadi Kunci Masa Depan Lebih Baik

Editor: Ferro Maulana

Sekjen PBB Antonio Guterres. (Foto: IG Jokowi)

PMJ NEWS -  Sekjen PBB Antonio Guterres memberikan banyak pujian bagi Indonesia dan ASEAN dalam konferensinya di KTT Asean 2023. 

Dalam keterangan resminya, Guterres memuji ASEAN dan para negara-negara anggota atas perannya yang penting dalam membangun jembatan pemahaman. 

“ASEAN telah menjadi faktor penting bagi persatuan dunia yang terbagi. Karena kita memerlukan hal-hal tersebut lebih dari sebelumnya di dunia yang semakin multipolar,” ungkap Guterres dalam siaran pers dengan tema ASEAN-UN Summit, Senayan JCC Jakarta, Kamis (7/9/2023). 

Lebih jauh Guterres mengatakan perlunya lembaga-lembaga multilateral yang kuat untuk mendukung upaya membangun jembatan itu. Berdasarkan dengan kesetaraan, solidaritas dan keuniversalan.

Sang Sekjen PBB itu kembali menyinggung soal Bhinneka Tunggal Ika, yang bukan hanya semboyan nasional Indonesia. Tetapi juga menjadi kunci dalam mewujudkan masa depan yang lebih baik.

 “Kita butuh kerja sama di semua lini. Di bidang perdamaian,” ucapnya.

Di kesempatan yang sama, Guterres juga memuji peran konstruktif ASEAN dalam upayanya untuk meredakan ketegangan Laut China Selatan hingga Semenanjung Korea, dengan mengutamakan dialog dan tetap menghormati hukum internasional

 

 

BERITA TERKAIT