test

News

Selasa, 5 September 2023 11:03 WIB

Wapres Ajak ASEAN Perkuat Kolaborasi Ancaman Perubahan Iklim

Editor: Hadi Ismanto

Wapres Ma'ruf Amin saat menjadi pembicara kunci pada malam penganugerahan ASEAN Business Awards. (Foto: PMJ News/BPMI Setpres)

PMJ NEWS - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengajak seluruh pemangku kepentingan di ASEAN untuk memperkuat kolaborasi dalam merumuskan solusi atas persoalan yang berdampak pada negara ASEAN dan kawasan. Termasuk ancaman perubahan iklim, fluktuasi ekonomi, dan perubahan sosial.

Pernyataan tersebut disampaikan Wapres saat menjadi pembicara kunci pada malam penganugerahan ASEAN Business Awards (ABA) 2023 dan Gala Dinner, di Jakarta, Senin (4/8/2023) malam.

"Khusus terkait persoalan iklim, masalah ini telah memperburuk ancaman terhadap ketahanan pangan. Saya mengajak seluruh pemangku kepentingan di ASEAN untuk memberikan perhatian lebih pada kerja sama penguatan ketahanan pangan," ungkap Ma'ruf Amin.

Tantangan eksternal yang semakin kompleks, lanjut Wapres, mesti dijawab oleh ASEAN dengan memperkokoh fondasi persatuan dan komitmen untuk melaksanakan prinsip-prinsip yang tertera dalam Piagam ASEAN, khususnya dalam menjaga sentralitas ASEAN di kawasan.

"Persatuan dan sentralitas ASEAN adalah kekuatan utama pendorong terciptanya perdamaian, stabilitas, dan pertumbuhan di kawasan. Saya ingin menekankan kembali, ASEAN berharga bagi 660 juta masyarakatnya, bagi kawasan Indo-Pasifik dan bagi dunia," tuturnya.

Wapres Ma'ruf Amin pun optimistis dengan persatuan dan sentralitas, ASEAN dapat menjadi mesin pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Kita ingin menjadikan ASEAN sebagai mesin pertumbuhan ekonomi dunia yang berkelanjutan, yang menghormati kelestarian lingkungan, demi meraih masa depan yang sejahtera sekaligus menjaga keberlangsungan planet bumi dan kemanusiaan," terangnya.

Wapres mengarisbawahi di tengah muramnya ekonomi dunia, ekonomi ASEAN mampu tumbuh di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi global. Dia berharap para pemimpin ASEAN memiliki komitmen bersama untuk menjaga pertumbuhan ekonomi kawasan dan menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan atau epicentrum of growth.

"Ikhtiar memadukan tujuan pertumbuhan dan pemerataan ekonomi dalam satu paket pembangunan, salah satunya melalui afirmasi utuh terhadap pelaku UMKM," tukasnya.

BERITA TERKAIT