test

Kesehatan

Selasa, 29 Agustus 2023 10:04 WIB

5 Tips Cegah Penuaan Dini Akibat Paparan Polusi Udara

Editor: Hadi Ismanto

Paparan polusi udara dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Belakangan ini masalah polusi udara di Jakarta dan sekitarnya cukup ramai diperbincangkan. Banyak yang mengaitkannya dengan berbagai masalah kesehatan, salah satunya disebut dapat membuat penuaan kulit

Sejatinya polusi mengandung radikal bebas dan agresor lain yang bisa menembus jauh ke dalam lapisan kulit, sehingga dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang dan penggelapan sel kulit dari dalam.

Kerusakan kulit bagian luar dapat terlihat jelas melalui ruam, jerawat, eksim, kulit kering, dan bintik hitam. Lambat laun, agresor dari polusi yang masuk ke dalam kulit akan menumpuk dan mencekik pori-pori sehingga menyebabkan penyumbatan.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (29/5/2023), berikut tips pencegahan yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penuaan dini akibat terpapar polusi.

1. Cukupi kebutuhan Air Mineral
Air mineral punya banyak manfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Mencukupi kebutuhan asupan air juga dapat menghidrasi kulit dan memperbaiki elastisitas kulit.

Selain itu, air mineral juga mampu mempercepat pertumbuhan sel kulit dan memperbaiki sirkulasi darah. Kamu disarankan untuk mengonsumsi setidaknya minimal 8 gelas air mineral sehari.

2. Pakai Sunscreen dan Sunblock Saat Keluar Rumah
Penggunaan sunscreen dan sunblock sebelum keluar rumah juga menjadi salah satu cara merawat wajah agar tidak kusam dan keriput dari pengaruh polusi.

Dengan mengoleskan sunscreen dan sunblock yang memiliki kandungan anti UV yang tinggi dapat melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar ultraviolet dan polusi.

3. Bersihkan Wajah Secara Menyeluruh
Membersihkan wajah secara menyeluruh juga menjadi hal yang wajib kamu lakukan agar kulit tidak mudah kusam dan keriput. Apalagi, bagi kamu yang baru selesai melakukan aktivitas seharian dan terpapar polusi udara.

Pastikan semua partikel polusi yang melekat di kulit bisa terangkat dengan baik. Bersihkanlah wajah secara bertahap yang dimulai dengan menggunakan makeup remover atau micellar water hingga seluruh makeup dan kotoran terangkat.

4. Cukupi Nutrisi Tubuh untuk Kulit Sehat
Makanan dan minuman yang mengandung nutrisi tinggi juga bisa menjaga kesehatan kulit dan menangkal pengaruh polusi pada kulit. Disarankan makan makanan yang mengandung antioksidan dan bisa menyehatkan saluran cerna karena baik untuk imunitas kulit.

Contoh makanan tersebut di antaranya buah plums, anggur, dan tomat sebagai natural antioxidant. Pencernaan yang bagus tentu berpengaruh pada kesehatan kulit, karena tubuh akan mengeluarkan racun yang mengendap dalam tubuh.

5 Perbanyak Makan Sayur dan Buah
Banyak makan sayur dan buah sangat baik bagi kesehatan kulit. Apalagi sayur dan buah mengandung banyak vitamin dan mineral. Contohnya mengandung vitamin C dan vitamin E. Semua itu bagus untuk kesehatan kulit kamu.

BERITA TERKAIT