test

News

Kamis, 17 Agustus 2023 12:31 WIB

Peringatan Detik-detik Pengibaran Bendera Sang Saka Merah Putih di Istana

Editor: Ferro Maulana

Tim Paskibraka mengibarkan Bendera Sang Saka Merah Putih. (Foto: Screenshoot YouTube Setpres)

PMJ NEWS -  Tim Paskibraka Indonesia Maju sukses mengibarkan Bendera Sang Saka Merah Putih dalam Upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023).

Adapun prosesi pengibaran bendera diwarnai nuansa khidmat. Sebelum pengibaran bendera dilakukan, dilaksanakan pembacaan Teks Proklamasi oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Selanjutnya, Inspektur Upacara yaitu, Presiden Joko Widodo memimpin prosesi mengheningkan cipta dan dilanjutkan pembacaan doa oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Kemudian dilanjutkan pengibaran Bendera Merah Putih. Tepat pukul 10.23 WIB, Bendera Merah Putih dikibarkan oleh Tim Paskibraka Indonesia Maju dengan diiringi Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Warga baik WNI maupun WNA yang hadir tampak antusias merekam peristiwa bersejarah itu. Beberapa di antaranya ada yang bertepuk tangan sebagai wujud bahagia atas keberhasilan pengibaran Merah Putih.

Sekedar informasi, Lilly Indriani Suparman Wenda yang adalah perwakilan dari Papua Pegunungan terpilih sebagai pembawa Bendera Merah Putih.

Saat ini, dia menempuh pendidikan di SMAN 1 Wamena. Tiga lainnya dari Kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera ialah Bintang Wirasatya RA mewakili Sumatera Selatan sebagai Komandan Kelompok 8, Nathaniel Shawn Edgar Sondakh sebagai pembentang bendera yang mewakili Sulawesi Utara, dan Alfin Alfarisi sebagai pengerek bendera yang mewakili Sumatera Barat.

Sedangkan, Kolonel Arm Joko Setiyo Kurniawan didapuk menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Saat ini, Joko menjabat sebagai Danmen Armed 2/PY/2 Kostrad.

Di samping itu, bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka adalah Kapten Mar Ganteng Prakoso. Saat ini, dia bertugas sebagai Danki A Yonif 7 Mar Brigif 4 Mar BS Kormar.

 

Sementara itu, bertindak sebagai Perwira Upacara adalah Brigjen TNI Arkamelvi Karmani. Pria kelahiran 10 Februari 1967 tersebut, saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Komando Garnisun Tetap I/Jakarta.

Ia merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1989. Paskibraka 2023 yang anggotanya berasal dari perwakilan masing-masing provinsi di Indonesia.

BERITA TERKAIT