test

News

Senin, 14 Agustus 2023 13:03 WIB

Polisi Dalami Dugaan Unsur Kelalaian yang Picu Kebakaran di Gandaria

Editor: Hadi Ismanto

Kebakaran hebat melanda sebuah rumah makan soto di dekat Mal Gandaria City, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. (Foto: PMJ News/Twitter)

PMJ NEWS - Polisi masih mendalami penyebab Kebakaran yang menghanguskan warung rumah makan di wilayah Gandaria, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat (11/8/2023) malam.

Kanit Reskrim Polsek Kebayoran Lama, AKP Iwan Ridwanullah mengatakan pihaknya menyelidiki dugaan adanya kelalaian dalam kebakaran yang turut menghanguskan puluhan sepeda motor.

"Kita akan menyelidiki dugaan ada kelalaian mungkin di situ atau kesengajaan (yang memicu terjadinya kebakaran)," ujar Iwan Ridwanullah saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (13/8/2023).

"Yang kita selidiki itu kalau memang ada, kalau memang nggak ada ya musibah mungkin, makannya lagi kita lakukan penyelidikan, ditakutkan mungkin ada unsur kesengajaan atau kelalaian," sambungnya.

Lebih lanjut Iwan menjelaskan, penyelidikan ini tentunya melibatkan Puslabfor Polri. Dia menyebut tim dari Puslabfor Polri juga telah mengambil sejumlah sampel dari lokasi kebakaran. Saat ini, pihaknya masih menunggu hasilnya.

"Belum (ketahuan penyebabnya), nanti kita nunggu pemeriksaan dari Puslabfor yang lebih mengetahui mereka nanti kan, diteliti," terangnya.

Iwan juga belum bisa berspekulasi terkait informasi yang beredah bahwa kebakaran berasal dari pembakaran sampah di belakang parkiran motor. Pasalnya, tempat sampah terhalang tembok cukup tinggi.

"Kalau kita cek di TKP itu terhalang kayak tembok, tinggi juga itu. Kalau ada orang di seberang sono bakar (sampah) ya kehalang tembok dari situ, kita cek juga nggak ada bekasnya juga," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran hebat melanda sebuah rumah makan soto di dekat Mal Gandaria City, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, pada hari Jumat (11/8/2023) petang.

Awal mula api dalam peristiwa kebakaran disebutkan dari pembakaran sampah di sekitar rumah makan yang kemudian merembet ke sekitarnya. Tak ayal api juga menyambar motor-motor di sekitar rumah makan dijadikan lahan parkir sepeda motor.

Perwira Piket Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan, Suhudi mengatakan, akibat dari kebakaran tersebut ratusan motor yang terparkir terjebak dan turut terbakar.

"Kurang lebih 105 motor terbakar," ujar Suhudi seperti dikutip Sabtu (12/8/2023).

"Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan, namun tadi berdasarkan informasi, ada penyalaan api di belakang warung soto tersebut," imbuhnya.

BERITA TERKAIT