test

News

Senin, 7 Agustus 2023 12:22 WIB

Jokowi: Indonesia Negara yang Masyarakatnya Paling Percaya Tuhan

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi saat membuka ASEAN Intercultural and Interreligious Dialogue Conference 2023. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku bersyukur Indonesia merupakan negara yang penduduknya paling percaya Tuhan, ditengah masyarakat dunia mulai semakin tidak religius.

Pernyataaan tersebut disampaikan Jokowi saat membuka ASEAN Intercultural and Interreligious Dialogue Conference (IIDC) 2023 di Jakarta, Senin (7/8/2023).

"Di sisi yang lain di bidang keagamaan masyarakat mulai semakin tidak religius. Survei dari IPSOS Global Religion tahun 2023 terhadap 19.731 orang dari 26 negara didunia menunjukkan 29% menyatakan bahwa mereka agnostik dan atheis," ungkap Jokowi dalam sambutannya.

Kendati begitu, Jokowi tetap meyakini ASEAN memiliki semangat keagamaan yang terus meningkat. Dia mencontohkan, Indonesia menjadi salah satu negara yang masyarakat paling percaya Tuhan dibandingkan negara lain.

"Saya yakin masyarakat ASEAN justru memiliki semangat keagamaan yang semakin meningkat," ucapnya.

"Indonesia misalnya adalah negara yang masyarakatnya paling percaya Tuhan dan angkanya tertinggi di dunia ini menurut yurizard center 96 persen. Responden Indonesia meyakini bahwa moral yang baik ditentukan kepercayaan kepada Tuhan," tuturnya

Menurut Jokowi, Indonesia berhasil mempertahankan tradisi toleransi yang kuat di tengah keberagaman budaya dan agama. Indonesia juga mampu terus menjaga kerukunan dan mengelola keragaman.

"Di tengah keberagaman budaya dan agama, Indonesia mampu terus menjaga kerukunan dan mengelola keberagaman etnisitas suku budaya agama dan kepercayaan," tukasnya.

BERITA TERKAIT