test

News

Kamis, 3 Agustus 2023 20:03 WIB

Usut Dugaan Suap di DJKA, KPK Panggil Anggota Komisi V DPR RI

Editor: Hadi Ismanto

Gedung KPK di kawasan Rasuna Said Kuningan Jakarta. (Foto: Dok PMJ News)

PMJ NEWS - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih menyelidiki kasus dugaan suap di Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terkait pembangunan jalur kereta api wilayah Sulawesi Selatan, Jawa bagian Tengah, Jawa bagian Barat, dan Jawa-Sumatera.

Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri mengatakan hari ini pihaknya menjadwalkan pemanggilan anggota Komisi V DPR RI, Sudewo. Politisi Partai Gerindra itu akan diperiksa sebagai saksi.

"Hari ini pemeriksaan saksi tindak pidana korupsi suap di Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan terkait pembangunan jalur kereta api," ungkap Ali Fikri kepada wartawan, Kamis (3/8/2023).

Selain Sudewo, KPK juga memanggil dua saksi lain di antaranya Widodo dari pihak swasta dan saksi bernama Atik Kusdarwati. Pemeriksaan akan berlangsung di gedung KPK.

"Pemeriksaan dilakukan di Komisi Pemberantasan Korupsi gedung Merah Putih," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pada Rabu (26/7/2023). Dia diperiksa sebagai saksi dalam kasus suap di Direktorat Jenderal Perkeretaapian.

"Betul, KPK memanggil sebagai saksi Menteri Perhubungan," ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri kepada wartawan, Rabu (26/7/2023).

Selain Menhub Budi, lanjut Ali, pihaknya juga memanggil Sekjen Kemenhub Novie Riyanto untuk diperiksa dalam kasus tersebut. "Keduanya betul sudah hadir di Gedung KPK C1," ucapnya.

BERITA TERKAIT