test

Kesehatan

Minggu, 30 Juli 2023 13:02 WIB

5 Manfaat Makan Terong Ungu, Cegah Kanker Hingga Penyakit Jantung

Editor: Hadi Ismanto

Terong Ungu mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, B Kompleks, C, E, D, dan K. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Terong ungu merupakan salah satu jenis sayur-sayuran yang biasanya diolah menjadi masakan. Selain lezat, terong ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Terong ungu mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, B Kompleks, C, E, D, dan K. Selain itu, bahan makanan ini juga kaya akan Zat besi, Antosianin, Ellagic Acid, serta Phycocyanian.

Seperti dilansir dari laman Healthier Steps, Minggu (30/7/2023), berikut lima manfaat mengonsumsi terong ungu bago kesehatan:

1. Mencegah Kanker
Terong kaya akan berbagai senyawa pelawan kanker, termasuk anthocyanin, solasodine rhamnosyl glycosides (SRGs), dan asam klorogenat yang telah terbukti menawarkan manfaat perlindungan kanker.

Asam klorogenat, khususnya, mencegah radikal bebas membentuk sel kanker dan menghambat pertumbuhan tumor dan proliferasi sel kanker. Chlorogenic acid juga berperan sebagai anti mikroba, antivirus, anti inflamasi, dan membantu menurunkan kolesterol jahat.

2. Tingkatkan Kesehatan Jantung
Terong kaya akan bioflavonoid yang dapat menurunkan tekanan darah. Ini akan mengurangi ketegangan pada jantung, meningkatkan sirkulasi dan secara umum meningkatkan sistem kardiovaskular yang sehat.

Serat dalam terung dapat mengurangi kolesterol jahat dan trigliserida, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. HDL rendah juga dapat menurunkan risiko stroke, serangan jantung, dan aterosklerosis.

3. Jaga Kesehatan Pencernaan
Terong tidak hanya menenangkan berbagai jenis masalah pencernaan, tetapi juga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan lain yang dikonsumsi bersamaan.

Terong kaya akan prebiotik, sejenis serat yang membantu memberi makan bakteri usus baik (probiotik) dan meningkatkan jumlahnya. Probiotik sangat penting untuk usus yang sehat, otak yang sehat, dan sistem kekebalan yang kuat.

Serat dalam terong juga memainkan peran penting dalam mendorong buang air besar secara teratur, mencegah sembelit, dan merangsang sekresi cairan lambung yang memfasilitasi pemrosesan makanan dan penyerapan nutrisi.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang
Terong kaya akan potasium, kalsium, dan vitamin K, menjadikannya tambahan yang bagus untuk diet dan meningkatkan kesehatan tulang. Kalium dan kalsium bekerja sama untuk meningkatkan kesehatan dan kekuatan tulang secara umum.

Kalium membantu penyerapan kalsium di usus yang dibutuhkan untuk membangun dan mempertahankan tulang yang kuat. Vitamin K, sebaliknya, meningkatkan produksi sel tulang dan regulasi kalsium, yang meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang.

5. Menurunkan Tekanan Darah
Hipertensi terjadi ketika tekanan darah 130/80 mmHg. Diperkirakan 45 persen orang dewasa di atas 18 tahun memiliki tekanan darah tinggi, menurut Centers for Disease Control (CDC).

Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan stroke, aneurisma, gagal jantung, demensia, dan gagal ginjal, menurut Mayo Clinic.

BERITA TERKAIT