test

News

Sabtu, 29 Juli 2023 08:08 WIB

Gandeng Korsel, Polri Jalin Kerjasama Penanganan Kejahatan Transnasional

Editor: Hadi Ismanto

Kadiv Hubinter Polri, Irjen Pol Krishna Murti saat memberikan keterangan. (Foto: PMJ/Fajar)

PMJ NEWS - Kadiv Hubungan Internasional (Divhubinter) Polri, Irjen Pol Krishna Murti menyebut pihaknya menjalin kerjasama penanggulangan kejahatan transnasional dengan KOICA (Korea International Cooperation Agency).

Hal tersebut disampaikan dalam workshop bertajuk 'Cybercrime Awareness workshop a Study On the Improvement for Cyber Crime Investigation Capacity of Indonesia' pada 26-28 Juli 2023.

"Transnasional itu salah satu ciri khasnya adalah tanpa batas," ujar Krishna Murti dalam keterangan tertulisnya yang dikutip pada Sabtu (29/7/2023)..

"Tidak ada batas negara, tidak ada batas wilayah, pelaku bisa dimana saja maka perlu ada kerja sama. Kerja sama itu baik dalam negeri atau di luar negeri," sambungnya.

Lebih lanjut Krishna menjelaskan alasan pihaknya menggandeng Korea Selatan untuk menangani kejahatan transnasional karena negara tersebut dinilai maju di bidang teknologi.

Selain itu, lanjut Krishna, Korea Selatan memiliki kapasitas dan kapabilitas sehingga mampu serta berpengalaman dalam menanggulangi serangan siber.

"Mereka negara yang pada tahun 1960 masih jatuh bangun, tapi sekarang jadi negara yang sangat modern punya kapasitas dan kapabilitas kuat dalam konteks cyber security dan mereka berkepentingan untuk membangun bersama penanggulangan," jelasnya.

Krishna berharap digelarnya workshop ini dapat membekali wawasan baru bagi para peserta. Sehingga Polri dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dari serangan siber.

"Fokus strategi Polri pada tahapan ini adalah membangun kemampuan pelayanan publik yang unggul, mewujudkan pemerintahan yang baik, profesionalisme SDM, serta membangun kapasitas Polri dengan memiliki kredibilitas yang baik," tukasnya.

BERITA TERKAIT