test

Olahraga

Selasa, 18 Juli 2023 06:06 WIB

Dinilai Kurang Bagus, Ketum PSSI Siap Hukum Wasit Lakukan Kesalahan

Editor: Ferro Maulana

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bersama Ketum PSSI Erick Thohir. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS -  Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mendengar keluhan terkait kinerja wasit Liga 1 2023/2024 yang dinilai masih kurang bagus.

Erick memastikan pihaknya siap menghukum wasit yang melakukan kesalahan. Liga 1 2023/2024 baru berjalan tiga pekan.

Tetapi, keputusan-keputusan kontroversial masih sering terlihat di beberapa pertandingan seperti salah membuat keputusan offside ataupun memberikan kartu yang tepat untuk sebuah pelanggaran.

Padahal, seleksi wasit Liga 1 2023/2024 telah dilakukan dengan cukup ketat oleh PSSI yang bekerjasama dengan Federasi Sepakbola Jepang (JFA).

Adapun hasilnya, dari 160 wasit hanya 18 yang memenuhi standar untuk memimpin divisi teratas liga sepakbola Indonesia itu.  

Erick menegaskan Komite Wasit terus melakukan peninjauan (review) atas kinerja para wasit yang bertugas di Liga 1 musim ini di setiap Minggunya.

Pihaknya meminta pencinta sepak bola Indonesia untuk bersabar.

“Dari Komdis sudah mereview per minggu untuk kasus-kasus yang terjadi di Liga, apakah pemain ada yang kasar dan lain-lain. Nah Komite Wasit juga akan melakukan sistem itu, ya me-review,” ucap Erick ditemui di Jakarta, Senin (17/7/2023).

BERITA TERKAIT