test

News

Senin, 10 Juli 2023 22:01 WIB

BNPB: Terjadi 37 Bencana di Seluruh Indonesia Dalam Pekan Ini

Editor: Ferro Maulana

Bantu korban bencana alam. (Foto: Dok Net/ Ilustrasi)

PMJ NEWS -  Pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan sebanyak 37 bencana terjadi dalam sepekan terakhir atau per 3–9 Juli 2023.

Bencana tersebut menyebabkan sebanyak enam orang meninggal dunia.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menjelaksan bahwa dilihat dari distribusinya peristiwa bencana pada pekan ini terjadi mulai dari Aceh, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Kalimantan.

“Mulai dari Aceh, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, khususnya Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Kalimantan. Total 6 orang meninggal dunia itu di Bali itu ada 3 korban jiwa Lumajang, dan 3 di Bali,” terang Aam, Senin (10/7/2023). Menurut Aam, kejadian bencana banjir mendominasi pada minggu ini.

Masih dari penuturannya, berbeda dengan kejadian bencana pada minggu lalu yang justru didominasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Dalam 3, 4 hari ke belakang kita sering sekali mendapat pertanyaan dari masyarakat, loh ini kan kita katanya mau di puncak kemarau, kok tiba-tiba hampir merata ya di Jawa itu mulai Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan itu terkena banjir bandang,” jelasnya.

BERITA TERKAIT