test

Kesehatan

Kamis, 6 Juli 2023 10:04 WIB

Wajib Tahu, Lima Minuman Ini Ampuh Atasi Asam Urat

Editor: Hadi Ismanto

Nyeri pada persendian biasanya menjadi gejala umum penyakit asam urat. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Asam urat disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat pada sendi. Sejumlah minuman dipercaya bisa meredakan gejala radang sendi yang menyakitkan ini.

Seperti dilansir dari laman Health Line, Kamis (6/7/2023), berikut deretan minuman penurun asam urat tinggi yang bisa membantu memberikan hasil maksimal.

1. Teh Hijau
Teh hijau tak hanya terkenal sebagai salah satu minuman yang baik untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, sejumlah penelitian membuktikan bahwa ekstrak teh hijau bisa membantu menurunkan produksi asam urat dalam tubuh.

Oleh karena itu, teh hijau menjadi minuman yang baik bagi penderita asam urat atau orang dengan kadar asam urat tinggi dalam darahnya.

2. Jus Jeruk
Perasan atau jus beberapa jenis jeruk juga dipercaya menjadi minuman yang ampuh untuk menurunkan kolestrol dalam darah. Pasalnya, buah jeruk kaya akan vitamin C, sehingga membantu menurunkan kadar asam urat yang tinggi secara alami.

Di antara semua jenis citrus, buah amla cukup direkomendasikan karena sarat akan vitamin C yang membantu mengurangi kadar asam urat dengan meningkatkan ekskresinya melalui ginjal.

3. Susu Rendah Lemak
Susu full cream memiliki kandungan lemak jenuh berbahaya karena bisa memperburuk peradangan. Namun, produk susu rendah lemak relatif aman dan bisa menambah manfaat kesehatan untuk tulang, otot, dan sendi.

Meski menderita asam urat, Anda tetap bisa mengonsumsi produk susu rendah lemak. Minum segelas susu ini dapat secara efektif mengurangi jumlah asam urat yang ada dalam darah.

4. Teh Herbal
Berbagai jenis teh herbal seperti chamomile, lavender, dan kembang sepatu tidak hanya membantu tubuh untuk mengonsumsi lebih banyak cairan tetapi juga mengelola kadar asam urat.

5. Air Putih
Tidak hanya bermanfaat untuk menghindari berbagai risiko kesehatan. Air putih merupakan minuman yang sangat penting bagi tubuh, begitu pun ketika Anda menderita asam urat.

Mencukupi kebutuhan air setiap hari yakni kurang lebih dua liter per hari dapat membantu menjaga konsistensi urine. Sehingga asam urat lebih mudah larut dan tidak menumpuk dalam tubuh.

BERITA TERKAIT