test

Kesehatan

Minggu, 24 Oktober 2021 11:04 WIB

Studi: Minum Perasan Air Jeruk Bantu Atasi Peradangan dan Stres

Editor: Hadi Ismanto

Jus jeruk bermanfaat untuk membantu meredakan stres. (Foto: Kolase PMJ News).

PMJ NEWS - Sebuah studi terbaru menyebut minum segelas perasan sari jeruk setiap hari dapat membantu menurunkan peradangan dan stres oksidatif. Para ahli rekomendasikan jus jeruk murni yang disertai dengan bulir-bulirnya.

Temuan ini dimuat dalam Journal Advances in Nutrition. Meski dilakukan dengan cakupan terbatas, studi ini mengindikasikan minum sari jeruk dapat menurunkan interleukin 6 dan beberapa penanda stres oksidatif dan peradangan lainnya secara signifikan.

Interleukin 6 merupakan penanda inflamasi, baik pada orang dewasa sehat maupun berisiko tinggi. Studi ini juga menekankan bahwa vitamin C dan senyawa bioaktif pada jeruk memainkan peran penting dalam membantu memperbaiki kesehatan tubuh.

Hanya saja, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mencapai bukti konklusif terkait temuan terbaru ini. Sebuah studi berbeda pada 2015 juga pernah menginvestigasi manfaat konsumsi sari jeruk merah terhadap faktor-faktor risiko sindrom metabolik.

Berdasarkan studi ini, konsumsi sari jeruk dapat membantu menurunkan kadar stres oksidatif dan peradangan. Manfaat ini didapatkan dari kandungan flavonoid dan karotenoid yang memiliki aktivitas antioksidan.

Selain itu, studi dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition juga menunjukkan bahwa konsumsi sari jeruk setiap hari selama delapan pekan dapat menurunkan resistensi insulin dan tekanan darah sistolik pada relawan dengan berat badan normal.

Sedangkan pada relawan kegemukan, konsumsi sari jeruk dalam periode yang sama dapat menurunkan tekanan darah diastolik.

"Sari jeruk terdiri dari agen-agen antiperadangan dan senyawa seperti flavonoid, hesperidin, dan naringenin yang membantu berfungsinya tubuh dan organ dengan baik," ujar ahli gizi Bhatia Hospital, Sakina Diwan seperti dikutip Indian Express, Minggu (24/10/2021).

Menurut Diwan, sari jeruk merupakan sumber vitamin C yang sangat baik dan dapat memenuhi dua kali rekomendasi asupan vitamin C harian. Vitamin C juga dapat menunjang sistem imun dan tampak efektif untuk melawan beberapa infeksi.

"Buah ini mengandung folat yang diketahui dapat membantu perkembangan janin," ungkap Diwan.

Selain itu, sari jeruk mengandung kadar kalium sitrat yang tinggi. Kandungan ini dapat mengikat kalsium di urine sehingga dapat membantu menurunkan risiko terbentuknya batu ginjal.

Bila ingin meminum sari jeruk, Diwan lebih merekomendasikan jus jeruk murni yang disertai dengan bulir-bulir jeruk. Alasannya, jenis minuman ini mengandung lebih banyak serat.

"Anda bahkan bisa menemukan jus jeruk yang telah difortifikasi dengan kalsium dan vitamin D, yang tak secara alami ditemukan pada sari jeruk," ujar Diwan.

Terlepas dari beragam manfaatnya, ahli hanya merekomendasikan minum satu gelas sari jeruk atau jus jeruk murni per hari. Untuk anak-anak, jumlah yang direkomendasikan adalah satu gelas kecil per hari.

"Coba untuk mengonsumsi jus di paruh pertama hari atau membuatnya sebagai bagian dari sarapan," ungkap dokter umum dari Apollo Spectra Nehru Enclave Dr Navneet Kaur.

BERITA TERKAIT