test

Olahraga

Minggu, 19 Juli 2020 09:09 WIB

Pertarungan MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez, Menanti Pebalap Terbaik Dunia?

Editor: Ferro Maulana

MotoGP 2020. (Foto: PMJ/ Istimewa).

PMJ - Kejuaraan dunia MotoGP 2020 dimulai hari ini Minggu (19/07/2030) waktu setempat Seri perdana musim ini akan dilangsungkan di Sirkuit Jerez dengan tajuk MotoGP Spanyol 2020.

Dalam kejuaraan dunia musim ini, tecatat hadir 22 pebalap yang berlaga dari 11 tim yang berbeda. Antara lain, para pembalap tersebut, Rider Repsol Honda, Marc Marquez, merupakan pebalap paling difavoritkan dalam meraih gelar juara.

Untuk diketahui, pebalap Marquez merupakan juara bertahan. Pebalap berjuluk The Baby Alien tersebut bahkan selalu menjadi juara dunia MotoGP dalam empat musim terakhir. Dalam perhelatan kali ini, dirinya bakal bertandem dengan adik kandungnya, Alex Marquez, di Repsol Honda.

Meski begitu,ntentunya bukan hal mudah bagi Marquez untuk menjuarai balapan tahun ini. Alasannya ia diprediksi bakal mendapat perlawanan sengit dari sang rival Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales.

Vinales tercatat mampu menghadirkan penampilan menarik selama tes pramusim. Kemudian, rekan setim Vinales di Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, juga mempunyai kemungkinan membuat kejutan di usianya yang sekarang sudah 41 tahun.

Selanjutnya, Mission Winnow Ducati, masih akan mengandalkan Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci di kejuaraan musim ini. Dovizioso sejatinya adalah runner-up kejuaraan MotoGP selama tiga musim terakhir.

Tim lainnya yang juga cukup diperhitungkan yaitu Suzuki Ecstar. Sebab, mereka memiliki dua pebalap muda yang menjanjikan dalam diri Alex Rins dan Joan Mir. Musim lalu, Rins sukses memenangi dua seri balapan.

Adapun tim balap Aprilia akan menggunakan jasa Bradley Smith dan Aleix Espargaro dalam pertarungan MotoGP 2020. Smith sebenarnya adalah pembalap pengganti. Ia diminta untuk menggantikan posisi Andrea Iannone yang tersandung kasus doping.

Tim pabrikan lainnya, KTM Red Bull, di musim ini menggunakan Pol Espargaro dan Brad Binder sebagai pembalap utama mereka. Sedangkan untuk tim satelitnya, KTM Tech3, mereka mengandalkan Miguel Oliveira dan Iker Lecuona.

Bicara soal tim satelit, Petronas Yamaha SRT bisa dibilang paling menjanjikan. Sebab, mereka mempunyai dua pebalap muda yang sangat potensial, yakni Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli. Musim lalu, Quartararo sukses finis di lima besar klasemen pebalap.

Sedangkan, Pramac Ducati mencoba mengandalkan Jack Miller dan Francesco Bagnaia. Sedangkan tim satelit Ducati lainnya, yakni Reale Avintia, menggunakan jasa Johann Zarco dan Tito Rabat.

Tim terakhir yang akan berlaga di MotoGP 2020 yaitu tim satelit milik Honda, yakni LCR Honda. Di musim ini LCR Honda masih akan memakai duet Cal Crutchlow dengan Takaaki Nakagami. (FER).

BERITA TERKAIT