test

Kesehatan

Sabtu, 10 Juni 2023 22:01 WIB

Wajib Tahu, Ini Lima Efek Samping Terlalu Banyak Makan Kol Goreng

Editor: Hadi Ismanto

Meski digemari, efek samping mengkonsumsi kol goreng bagi kesehatan tubuh belum banyak yang tahu. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Kol goreng saat ini tengah digemari masyarakat. Namun, selama ini efek samping mengkonsumsi kol goreng bagi kesehatan tubuh masih sedikit orang yang mengetahuinya.

Padahal meskipun banyak digemari, tapi kol goreng menyimpang ancaman serius bisa mempengaruhi kondisi kesehatan. Seperti dilansir dari HTV, Sabtu (10/6/2023), berikut lima efek samping mengonsumsi kol goreng:

1. Tingkatkan Resiko Penyakit Jantung
Mengkonsumsi kol goreng dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Kol mentah sebenarnya bermanfaat bagi kesehatan jantung karena tidak mengandung kolesterol dan lemak jenuh yang berbahaya.

Kol atau kubis yang digoreng terlalu lama juga dapat menimbulkan komposisi amina heterosiklik yang berfungsi karsinogenik. Senyawa itulah yang akan menjadi pemicu sel kanker.

2. Pengaruhi Kadar Gula Darah
Mengatur gula darah dalam tubuh sangat diperlukan karena dapat menyebabkan diabetes. Ada baiknya menghindari makan kol goreng. Pasalnya, khasiat atau manfaat tersebut bisa hilang jika Anda mengkonsumsi kol dengan cara digoreng.

3. Rentan Terkena Stroke
Kadar kolesterol buruk yang cukup tinggi juga akan membuat kamu terkena penyakit lainnya seperti stroke. Hal ini tentu membuat kamu harus berpikir ulang untuk mengonsumsi kol goreng ini.

4. Berdampak Buruk pada Tiroid
Mengkonsumsi banyak kol goreng setiap hari juga akan berdampak buruk pada tiroid. Hal tersebut dikarenakan kol goreng akan memicu dan menyebabkan tubuh kekurangan yodium sehingga akan mengganggu fungsi tiroid.

5. Diare
Efek samping kol goreng untuk kesehatan jika dikonsumsi berlebihan selanjutnya bisa memicu diare. Pasalnya, tidak sedikit orang mengalami masalah pencernaan setelah mengkonsumsi kol goreng secara berlebihan.

BERITA TERKAIT