test

Hukrim

Kamis, 8 Juni 2023 19:01 WIB

Bareskrim Ungkap Produksi Oli Palsu Sehari Capai 312 Ribu Botol

Editor: Ferro Maulana

Penulis: Fajar Ramadhan

Kasubdit I Dittipidter Bareskrim Polri Kombes Pol Indra Lutrianto Amstoni. (Foto: PMJ News/ Fajar).

PMJ NEWS -  Bareskrim Polri mengungkap 9 pabrik di Gresik dan Sidoarjo, Jawa Timur, yang juga digunakan untuk memproduksi oli palsu kendaraan motor dan mobil.

Kasubdit I Dittipidter Bareskrim Polri Kombes Pol Indra Lutrianto Amstoni mengungkapkan jika produksi yang dihasilkan dalam seharinya mencapai 312 ribu botol oli palsu.

“Berdasarkan hasil penyidikan kami, bahwa dalam 1 hari mereka dapat memproduksi sebanyak 500 karton,” ujar Kasubdit I Dittipidter Bareskrim Polri Kombes Indra Lutrianto Amstoni dalam jumpa pers, Kamis (8/6).

“Dalam satu karton terdapat 24 botol, yang berisi 0,8 liter jadi kurang lebih dalam satu hari memproduksi 312 ribu botol,” imbuhnya.

Ada 5 orang ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tersebut, yakni berinisial AH, AK, FN yang berperan sebagai pemilik usaha, serta AL alias Tom dan AW alias Jerry yang berperan di bagian operasional.

Lebih lanjut, Indra menyampaikan jika para pelaku memproduksi sendiri seluruh oli palsu dari bahan mentah hingga dikemas menggunakan kabel merek ternama.

“Untuk pemasarannya tadi ini sampai hampir ke seluruh Indonesia, kemudian untuk omzet yang cukup besar ini tidak dilakukan secara online, jadi ini ada distribusi dari para toko-toko atau distributor yang ada di wilayah-wilayah,” jelasnya.

BERITA TERKAIT