test

News

Senin, 22 Agustus 2022 12:22 WIB

Jokowi Luncurkan Program Food Estate Berbasis Mangga di Gresik

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi meluncurkan program lumbung pangan atau food estate berbasis mangga di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan program lumbung pangan atau food estate berbasis mangga di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Senin (22/8/2022).

"Saya berada di Kabupaten Gresik untuk melakukan penanaman mangga, kurang lebih total seribu hektare di empat kecamatan," ujar Jokowi seperti dilihat dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

""Food estate ini, ada yang milik rakyat, ada yang milik swasta, dan kita ingin itu terintegrasi dengan embung yang dibangun disini. Ada embungnya, ada food estate-nya, masyarakat bisa dapat, swasta juga bisa bergerak," sambungnya.

Dengan adanya food estate ini, Jokowi berharap hasil produksi mangga bisa memenuhi kebutuhan domestik dan bahkan bisa diekspor ke luar negeri.

"Yang kita inginkan adalah produksi ini ditanam sekarang, nanti bisa berproduksi kira-kira, berbuah kira-kira, tiga tahun, sebagian diekspor, sebagian untuk keperluan domestik," tuturnya.

"Sebagian diekspor, sebagian untuk keperluan domestik. Karena permintaan mangga untuk ekspor itu sekarang masih kurang, ke Timur Tengah, China, ke Jepang, ke Eropa," imbuhnya.

Jokowi menambahkan peluang ekspor mangga ke sejumlah negara di dunia terbuka. Menurut dia, permintaan ekspor dari beberapa negara pun cukup banyak.

"Karena permintaan mangga untuk ekspor itu sekarang masih kurang. Ke Timur Tengah, China, Jepang, ke Eropa, saya kira banyak permintaan," ujar Jokowi.

Menanggapi soal akses ke lokasi food estate, Jokowi menjelaskan saat ini banyak jalan alternatif. Presiden menyebut pengiriman akan lebih cepat jika lewat jalan tol.

"Alternatif ini kan sudah diberikan, ada jalan yang lama, ada jalan provinsi, ada jalan kabupaten tapi sekarang kan ada tol. Yang mau cepet ya lewat tol, ada alternatif satu lagi kan, jalan tol. Nah itu yang dipakai. Kalau mau mobilitas logistik cepat pakai jalan tol," tukasnya.

BERITA TERKAIT