test

Kesehatan

Jumat, 28 April 2023 10:04 WIB

Jangan Dibuang, Ini Lima Manfaat Konsumsi Biji Semangka

Editor: Hadi Ismanto

Tak hanya buahnya, biji semangka ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Di tengah cuaca panas seperti saat ini, mengonsumsi buah semangka sangat dianjurkan untuk tetap terhidrasi. Tak hanya buahnya, biji semangka ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan yang jarang diketahui.

Biji semangka merupakan salah satu sumber nutrisi yang sangat kaya dan mengandung protein serta mineral. Seperti halnya magnesium, seng dan zat besi. Biji semangka bisa dikonsumsi secara langsung atau mentah, dipanggang dan direbus.

Selain itu, biji semangka juga kaya akan lemak dan serat sehat yang menjadikannya makanan sehat untuk dimasukkan dalam diet. Biji semangka juga mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6, jarang ditemukan dalam makanan vegetarian.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (28/4/2023), berikut ini adalah manfaat biji semangka yang tidak kalah dengan buahnya.

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh
Mengonsumsi semangka tanpa membuang bijinya juga akan mendatangkan manfaat pada Anda berupa meningkatnya sistem kekebalan (imunitas) tubuh.

2. Bantu Turunkan Gula Darah
Khasiat lainnya dari biji semangka yang bisa Anda dapatkan adalah untuk membantu mengendalikan gula darah. Sementara pada penderita diabetes tipe 2, mengonsumsi biji ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

3. Mencegah Osteoporosis
Mengonsumsi semangka bersama dengan bijinya adalah keputusan yang tepat jika Anda ingin mendapatkan manfaat maksimal dari buah tersebut. Manfaat ini termasuk untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegahnya dari osteoporosis.

4. Menjaga Kesehatan Jantung
Manfaat biji semangka yang juga tidak disangka-sangka adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Ini karena pada biji tersebut terkandung asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang baik.

Studi menunjukkan bahwa lemak baik ini bersama dengan magnesium berguna dalam membantu mengendalikan tekanan darah dan menurunkan kadar lemak LDL alias kolesterol jahat.

5. Menjaga Suasana Hati
Biji semangka mengandung vitamin B yang berlimpah dan dapat memainkan peran kunci dalam menjaga fungsi otak dan sistem saraf tetap seimbang, mempertahankan tingkat suasana hati yang baik.

BERITA TERKAIT