test

News

Selasa, 18 April 2023 11:03 WIB

Polda Metro Siapkan Strategi Pengamanan Rumah Kosong yang Ditinggal Mudik

Editor: Hadi Ismanto

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/Fajar)

PMJ NEWS - Sebagian masyarakat di wilayah DKI Jakarta akan melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran. Selama mudik, rumah yang ditinggalkan dalam keadaan kosong.

Untuk memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat, Polda Metro Jaya menyiapkan strategi untuk pengamanan dalam mengantisipasi kejahatan di wilayah hukumnya.

"Skema penitipan rumah, gratis semuanya, termasuk skema penitipan kendaraan dan barang berharga ya," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Senin (17/4/23).

"Polsek-polsek, Polres, sudah membuka layanan untuk menerima titipan barang berharga seperti kendaraan dan lain-lain," sambungnya.

Untuk skema pengamanan rumah yang ditinggal pemiliknya, Trunoyudo menjelaskan masyarakat bisa bekerjasama dengan aparat keamanan setempat seperti Polisi RW, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa untuk melakukan pengamanan di lingkungannya.

"Terkait dengan rumah kosong, kan ada program satu polisi itu ada di RW, tentu RW bisa berperan aktif bersama-sama Bhabinkamtibmas dan Babinsa melakukan pengelolaan keamanan di lingkungan masing-masing," ungkapnya.

"Selain itu, memberdayakan Siskamling atau memberdayakan satuan-satuan pengamanan yang memang sudah ada di perumahan tersebut," imbuhnya.

BERITA TERKAIT