test

News

Selasa, 11 April 2023 10:23 WIB

Masjid Istiqlal Juga Dipasangi QRIS Palsu, Polisi Lakukan Penelusuran

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

QRIS Palsu yang dipasang di Masjid Istiqlal. (Foto: PMJ/Ist).

PMJ NEWS - Viral di berbagai media sosial adanya video yang memperlihatkan seseorang memasang stiker barcode QRIS palsu di kotak amal di dua masjid di wilayah Jakarta Selatan. Ternyata, perbuatan tersebut juga terekam kamera CCTV yang dilakukan di Masjid Istiqlal.

Terkait dengan hal tersebut, Polres Metro Jakarta Pusat belum menerima adanya laporan. Meski begitu, kepolisian tetap akan melakukan pendalaman.

“Belum. Belum ada (laporan). Baru suara-suara bahwa itu info (penempelan stiker QRIS palsu di Istiqlal) aja yang kita dapat. Makanya kita mau cek. Lagi didalami,” ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin dalam keterangannya dikutip Selasa (11/4/2023).

 Lebih lanjut, Komarudin mengatakan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan pengurus Masjid Istiqlal untuk mengecek informasi tersebut.

Termasuk dengan memeriksa CCTV yang berada di sekitar lokasi Masjid Istiqlal untuk memeriksa apakah pelakunya memiliki kemiripan dengan kasus di Jakarta Selatan.

“Kita audiensi dengan pengurus masjid Istiqlal sekaligus kita akan cek CCTV bila memang ada kemiripan-kemiripan yang sama dengan di Selatan, atau mungkin ada orang lain. Masih kita dalami,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Ketua Bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal, Abu Hurairah membenarkan telah terjadi aksi penipuan berkedok stiker barcode Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang tertempel pada kotak amal di Masjid Istiqlal.

“Ya betul. Penempelan (barcode QRIS) diketahui sekitar tiga hari lalu,” ungkap Abu kepada awak media, Senin (10/4/2023).

Menurutnya, aksi penipuan tersebut terungkap pasca salah seorang petugas Masjid Istiqlal mencurigai stiker barcode QRIS yang tertempel pada kotak amal di masjid itu. Ada tulisan ‘restorasi masjid’ di stiker barcode QRIS tersebut.

“Petugas kita curiga, kok ada tulisan restorasi masjid,” bebernya.

Kemudian, pihaknya pun langsung menelusuri ke setiap kotak amal di Masjid Istiqlal. Tercatat, ada sekitar 50 stiker barcode QRIS palsu yang tertempel di kotak amal di sekitar Masjid Istiqlal itu.

Sejauh ini, Abu mengatakan pihaknya sudah mencopot stiker barcode QRIS palsu itu dan menyerahkannya ke bank terkait untuk diselidiki lebih jauh.

“Totalnya ada 50 stiker. Kita serahkan ke pihak bank, jadi bank yang punya QRIS yang mengusut,” tandasnya.

BERITA TERKAIT