test

Kesehatan

Minggu, 27 Oktober 2019 06:06 WIB

Ini Waktu Terbaik Bagi Penderita Hipertensi untuk Minum Obat

Editor: Redaksi

Penderita Hipertensi. (Foto: Dok Net).

PMJ – Penelitian baru menunjukkan bahwa waktu terbaik bagi penderita hipertensi untuk minum obat pil tekanan darah mereka yaitu sebelum waktu tidur dibandingkan di pagi hari.

Studi yang dipublikasikan di dalam Jurnal European Heart tersebut menunjukkan bahwa waktu tersebut tidak hanya menghasilkan kontorl tekanan darah yang lebih baik, tepi juga secara nyata mengurangi resiko kematian karena penyakit jantung hingga serangan jantung (atau stroke).

Para peneliti sampai pada kesimpulan ini setelah menganalisis data dari uji coba kronik Hygia yang merupakan uji klinis tahan lama terbesar dan terlama untuk menguji efek waktu pemberian obat antihipertensi terhadap risiko kejadian kardiovaskular.

"Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pasien yang secara rutin menggunakan obat antihipertensi pada waktu tidur, dibandingkan dengan ketika mereka bangun, memiliki lebih baik- mengendalikan tekanan darah dan, yang paling penting, risiko kematian atau penyakit jantung dan pembuluh darah menurun secara signifikan,” demikian kata Ramón C Hermida, Ph.D, yang merupakan pemimpin proyek Hygia dari Universitas Vigo, di Spanyol.

Para peneliti di balik temuan ini secara acak menugaskan 19.084 orang dewasa untuk mengambil pil tekanan darah yang telah diresepkan dokter mereka ketika mereka bangun di pagi hari atau sebelum tidur. Para peserta adalah keturunan Spanyol Kaukasia, dan 8.470 yaitu perempuan.

Selama tindak lanjut rata-rata 6 tahun, semua individu menjalani pemantauan tekanan darah rawat jalan 48 jam setidaknya sekali setahun, dan ditemukanlah bahwa meminum obat pil sebelum tidur memanglah waktu yang terbaik. (DEW/ FER)

BERITA TERKAIT