test

News

Kamis, 30 Maret 2023 10:22 WIB

Kapolri Tunjuk Fadil Imran Jabat Kabaharkam, Kompolnas: Sesuai Keahlian

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti. (Foto: PMJ News/Dok Kompolnas)

PMJ NEWS - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melalukan rotasi jabatan terhadap jajaran Perwira Tinggi (Pati) dan Perwira Menengah (Pamen) Polri melalui 4 surat telegram tertanggal 27 Maret 2023.

Salah satu Pati yang termuat dalam surat telegram Kapolri yakni Irjen Pol Fadil Imran yang akan menjabat sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri.

Terkait dengan hal tersebut, Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Poengky Indarti menilai rotasi jabatan yang dilakukan Kapolri sudah sesuai dengan keahlian dan pengalamannya.

“Kami melihat penempatan pejabat-pejabat tinggi ini disesuaikan dengan keahlian dan pengalaman selama bertugas,” ujar Poengky dalam keterangannya dikutip Kamis (30/3/2023).

Poengky menyebut penempatan Fadil di Kabaharkam menggantikan Komjen Pol Arief Sulistyanto yang memasuki masa pensiun, sesuai dengan pengalamannya yang menangani keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah besar.

“Kita melihat pengalaman bertugas Pak Fadil di daerah-daerah besar dengan kompleksitas kamtibmasnya yaitu Jawa Timur dan DKI Jaya berprestasi sangat baik, termasuk mampu menekan Covid-19 di wilayahnya melalui inovasi Kampung Tangguh,” kata Poengky.

“Serta mampu mengatasi gangguan kamtibmas yang cukup rumit di wilayah-wilayah tersebut, sehingga sangat tepat jika beliau menjabat Kabaharkam,” sambungnya.

Lebih lanjut, Poengky berharap dengan jabatan Kabarhakam yang dijabat Fadil nantinya dapat mencegah kejahatan dan bisa mewujudkan pemeliharaan Kamtibmas (harkamtibmas), terutama di tahun politik yang akan dijalani di Indonesia.

“Sebagai Kabaharkam beliau nantinya bertanggung jawab mencegah kejahatan melalui tindakan-tindakan preventif – preemtif guna mewujudkan harkamtibmas, sehingga diharapkan di tahun-tahun politik ini situasi kamtibmas Indonesia tetap sejuk,” tandasnya.

BERITA TERKAIT