test

Hukrim

Rabu, 29 Maret 2023 18:06 WIB

Begini Modus Penipuan Travel Umrah dengan Tawari Cashback

Editor: Ferro Maulana

Penulis: Fajar Ramadhan

Kasubdit Harda Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kompol Ratna Quratul Aini. (Foto: PMJ News/ Fajar).

PMJ NEWS -  Satgas Antimafia Umrah Polda Metro Jaya mengungkap modus penipuan travel umrah yang dilakukan PT Naila Safaah Wisata Mandiri (NSWM) terhadap para korbannya.

Kasubdit Harda Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kompol Ratna Quratul Aini mengatakan, korbannya diiming-imingi jika berhasil mengumpulkan 9 jemaah lain akan mendapat juga gratis 1 jemaah.

“Mereka biasanya memberikan iming-iming apabila bisa mengumpulkan jemaah sebanyak 9 orang, maka dia akan memberikan gratis satu,” ujar Ratna kepada wartawan, Rabu (29/3/2023).

“Jadi rata-rata di keluarga itu kemudian mengajak bapak ibunya atau keluarganya. Kemudian ikut mendaftar. Jadi ya Jemaah ada yang usia sudah 60-63 tahun,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Ratna juga mengungkapkan bahwa pelaku juga menawari korbannya cashback sebesar Rp 2 juta bagi yang bisa mengumpulkan 9 jemaah untuk ikut.

“Cash back 2 juta itu diberikan untuk mereka yang mampu mengkompulir 9 jemaah, kemudian diberikan cashback 2 juta dan gratis 1 jemaah,” ungkapnya.

“Dengan iming iming tersebut jadi jemaah merasa lebih tertarik dengan harga yang lebih murah, kemudian mendapatkan cash back dan gratis 1,” pungkasnya.

BERITA TERKAIT