test

Hukrim

Rabu, 15 Maret 2023 19:33 WIB

Penyelundupan Kokain Cair Botol Sampo Terungkap Usai Dites Metode Bakar

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Fajar Ramadhan

Polda Metro Jaya bersama dengan pihak Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menggelar pengungkapan penyelundupan kokain cair. (Foto: PMJ News/Istimewa)

PMJ NEWS - Polda Metro Jaya bersama dengan pihak Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) melakukan pengungkapan penyelundupan narkoba jenis kokain cair. Dalam kasus ini, polisi menangkap seorang warga negara Brazil berinisial GPDS (25).

Penyelundupan tersebut terungkap saat pihak Bea Cukai Bandara Soetta mengecek bawaan dari GPDS saat memasuki Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta pada tanggal 1 Januari 2023 lalu.

"Kami mencurigai di dalamnya ada barang-barang yang kemungkinan ada narkobanya," ujar Kepala Bea Cukai Bandara Soetta, Gatot Sugeng Wibowo kepada wartawan, Rabu (15/3/2023).

Menurut Gatot, petugas yang melakukan pemeriksaan sempat mendapatkan perlawanan dari GPDS sehingga dilakukan pengecekan di tubuhnya. Meski hasil pengecekan tubuh positif narkoba, namun tidak ditemukan di tubuh.

"Sehingga kami mencoba untuk memperdalam terhadap barang bawaan, karena di dalam badannya tidak ditemukan suatu barang yang diindikasikan narkoba," tuturnya.

Ketika petugas memeriksa bawaannya, lanjut Gatot, ternyata terdapat alat mandi yang ketika dibuka mengeluarkan bau menyengat. Petugas kemudian melakukan tes dengan menggunakan metode dibakar dan hasilnya positif kokain.

"Cairan tadi di masing-masing itu kita coba dibakar dengan metode pembakaran ternyata terpisah menjadi dua, yang pertama cairan di dalam di bawahnya itu setelah kita tes positif, positif kokain," terangnya.

Setelah diteliti lebih lanjut, ternyata kokain cair tersebut tersimpan di dalam 6 botol sampo dengan total mencapai 2 liter.

"Tentunya Ini segera kami koordinasikan, kami komunikasikan dan kolaborasikan bersama-sama dengan Pak Direktur dari Polda Metro Jaya, sehingga coba dikembangkan lebih lanjut terkait dengan temuan ini temuan dari bandara," tukasnya.

BERITA TERKAIT