test

News

Rabu, 25 Januari 2023 10:04 WIB

Catat, Ini Lima Cara Mudah Turunkan Kadar Kolesterol

Editor: Hadi Ismanto

Berolahraga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Seseorang berisiko terkena kolesterol tinggi apabila menjalani pola hidup yang tidak sehat. Kondisi ini tentunya akan menimbulkan masalah kesehatan secara keseluruhan, termasuk jantung.

Tapi jangan khawatir, kolesterol tinggi ini dapat diatasi dengan berbagai cara. Seperti dilansir dari laman Times Now News, Rabu (25/1/2023), berikut lima hal sederhana untuk menurunkan kadar kolesterol.

1. Beralih ke Lemak Sehat
Beralihlah ke makanan dengan lemak yang lebih sehat seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan berlemak. Dalam jumlah yang tepat, makanan ini dapat menjadi kunci untuk mengelola kadar kolesterol dengan baik.

2. Berhenti Merokok
Merokok juga dapat berdampak signifikan pada kadar kolesterol. Oleh karena itu, dokter akan menyarankan pasien hiperlipidemia untuk berhenti merokok dalam bentuk apa pun, bahkan vaping.

3. Jangan Minum Alkohol
Idealnya, seseorang harus berhenti minum alkohol untuk selamanya. Namun, bahkan memoderasi hingga maksimal satu kali minum dalam sehari dapat memberikan keajaiban bagi manajemen kolesterol dan kesehatan jantung.

4. Meditasi
Stres dan kolesterol sangat terkait, oleh karena itu sangat penting untuk mengelolanya baik itu melalui meditasi atau cara sehat lainnya. Lipid dapat dikelola dengan baik dengan mencoba menjaga saraf tetap tenang.

5. Berolahraga
Segala bentuk olahraga dapat memberikan keajaiban untuk mengelola berat badan. Dalam hal manajemen kolesterol tanpa statin, penurunan berat badan dapat menjadi penyelamat yang nyata.

BERITA TERKAIT