test

Kesehatan

Selasa, 3 Januari 2023 10:04 WIB

Semangat, Ini Lima Kebiasaan Sehat Setelah Bangun Tidur

Editor: Hadi Ismanto

Mengawali hari dengan kebiasaan sehat akan meningkatkan mood. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Gaya hidup sehat bisa dimulai dari diri kamu sendiri. Meskipun terkadang sulit untuk dilakukan, kebiasaan ini tentunya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kamu.

Salah satu yang menjadi perhatian adalah kebiasaan sehat saat bangun tidur. Mengawali hari dengan semangat dipercaya dapat membangkitkan mood untuk menjalani aktivitas sepanjang hari.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (3/1/2022), berikut kebiasaan sehat saat bangun tidur yang bikin semangat menjalankan aktivitas harian.

1. Minum Air Putih
Kebiasaan sehat saat bangun tidur yang bisa kamu lakukan selanjutnya yakni minum air putih. Kebiasaan satu ini kerap terlupakan ketika bangun tidur. Padahal, kebiasaan satu ini sangat baik untuk kesehatan kamu.

Setelah beristirahat lebih dari 7-8 jam serta berkemih dan buang air, tubuh memerlukan asupan cairan karena tubuh rentan mengalami dehidrasi. Air putih adalah minuman yang mampu mengihdrasi tubuh dengan cepat.

Hindari memilih air putih bersuhu dingin, karena akan memperberat kerja pencernaan dan membuat tubuh menjadi mudah lemas.

2. Hindari '5 menit lagi'
Jangan biasakan kata-kata '5 menit lagi' saat Anda mendengar alarm telepon atau jam berbunyi. Kebanyakan, mereka yang menunda-nunda akan terlena dan kebablasan sehingga terlambat beraktivitas.

3. Peregangan dan Senam Wajah
Kebiasaan sehat saat bangun tidur selanjutnya yang bisa kamu terapkan yakni peregangan tubuh dan senam wajah. Dua hal ini cukup mudah kamu lakukan ketika bangun tidur.

Melakukan peregangan adalah cara yang tepat untuk menyambut pagi. Kamu bisa mempraktekannya di atas temapt tidurmu. Tekuk leher ke depan, ke belakang dan ke samping kiri dan kanan.

Setelah itu, coba tarik tangan ke atas, ke samping dan ke depan. Lanjutkan dengan peregangan tubuh dan kakimu. Akan lebih baik lagi jika sambil berdiri, cara ini akan membuat otot tubuh kamu lebih siap untuk aktivitas lainnya.

4. Jalan Pagi
Jalan pagi merupakan kebiasaan sehat saat bangun tidur selanjutnya yang bisa kamu biasakan. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari jalan pagi tersebut. Jalan pagi bisa dijadikan pilihan jika kamu malas atau tidak sempat jogging atau lari pagi.

Selain dapat menghirup udara segar di pagi hari, aktivitas ini juga emberi asupan oksigen yang cukup untuk otak bekerja secara optimal seharian, membuat pikiran rileks dan menyegarkan badan karena sudah melatih otot jantung.

5. Mengonsumsi Camilan Sehat
Mengonsumsi camilan ataupun minuman sehat yang netral merupakan salah satu kebiasaan sehat saat bangun tidur yang sebaiknya mulai kamu terapkan. Saat bangun tidur, kamu tentunya membutuhkan tenaga karena perut terasa kosong.

Lapar saat baru bangun tidur tentu adalah hal yang normal, karena pencernaan sedang kosong. Biasakan mengonsumsi camilan atau minuman yang super sehat dan netral, tidak asam, pedas.

BERITA TERKAIT