Kesehatan

Senin, 20 Juni 2022 10:04 WIB

Jangan Diabaikan, Ini Lima Sinyal Tubuh Alami Dehidrasi

Editor: Hadi Ismanto

Cuaca panas kerap membuat kita merasakan dehidrasi. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Di tengah paparan cuaca terik matahari yang terjadi belakangan ini terjadi, tidak sedikit orang mengalami dehidrasi. Kondisi ini terjadi terjadi ketika tubuh tak memiliki cukup banyak cairan seperti yang dibutuhkan.

Biasanya tanpa cairan yang cukup, tubuh tidak bisa berfungsi dengan semestinya. Namum, apabila kekurangan minum air tubuh kerap memberikan "sinyal-sinyal" peringatan yang kadang terabaikan.

Seperti dilansir dari laman Mirror, Senin (21/6/2022), berikut ini adalah delapan gejala dehidrasi lain yang patut diwaspadai.

1. Lelah
Salah satu tanda dehidrasi yang cukup umum adalah lelah. Ketika kekurangan cairan, tekanan darah juga akan ikut menurun. Aliran darah yang ke otak akan melambat dan detak jantung akan meningkat. Kombinasi ini dapat memicu timbulnya perasaan lelah.

2. Tekanan Darah Rendah
Lebih dari setengah darah di dalam tubuh terdiri dari plasma, di mana plasma terbuat dari air, protein, dan garam. Ketika seseorang kurang minum, darah akan menjadi sangat terkonsentrasi, sehingga aliran darah ke berbagai organ vital akan menurun.

3. Sakit Kepala
Dehidrasi bisa memicu terjadinya sakit kepala karena otak tidak mendapatkan cairan yang cukup untuk berfungsi secara baik. Selain sakit kepala, keluhan seperti migrain, kesadaran yang hilang-timbul, dan perasaan seperti akan pingsan bisa ikut muncul.

4. Sembelit
Sistem pencernaan membutuhkan cukup banyak air untuk bisa bekerja dengan lancar. Kurang minum bisa turut berdampak pada usus, di mana kotoran tak dapat bergerak dengan lancar.

5. Bau Mulut
Kekurangan cairan dapat membuat mulut berbau tidak sedap. Bau mulut ini muncul karena tubuh tidak bisa memproduksi cukup liur akibat kekurangan cairan.

BERITA TERKAIT