test

News

Jumat, 30 Desember 2022 14:22 WIB

Kaleidoskop 2022: Event Internasional yang Digelar di Indonesia

Editor: Hadi Ismanto

Sederet event internasional yang digelar di Indonesia selama 2022. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Sepanjang tahun 2022, Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan sejumlah event Internasional yang jadi sorotan dunia. Hal ini tentunya menjadi kebanggaan masyarakat di Tanah Air.

Penyelenggaraan event internasional itu tentu menjadi bukti kesiapan Indonesia menyambut kedatangan wistawan asing dan berperan dalam ekonomi global saat kondisi Covid-19 semakin terkendali.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (30/12/2022), berikut sejumlah event internasional yang sukses digelar di Indonesia:

1. MotoGP Mandalika
Pada 18-20 Maret 2022, Indonesia menjadi tuan rumah gelaran MotoGP di Sirkuit Internasional Mandalika. MotoGP Mandalika ini tentunya momen bersejarah, karena sudah sangat lama Indonesia absen dalam kejuaraan dunia balap motor.

Tahun 2022 ini merupakan kali ketiga Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah. Sebelumnya, Indonesia pernah ajang balap kuda besi tersebut pada 1996 dan 1997.

Selain menyuguhkan aksi balapan yang sangat menegangkan dan juara baru, gelaran MotoGP Mandalika juga menyajikan momen unik yang menyita perhatian masyarakat dunia, yakni pawang hujan bernama Rara Isti Wulandari.

2. World Tourism Day 2022
Pada 27 September 2022, untuk pertama kalinya dalam sejarah, Indonesia mendapat kehormatan menjadi tuan rumah untuk perayaan World Tourism Day (WTD) ke-42. Acara ini berlangsung di Bali.

Momen tersebut tentunya menjadi momentum penting dan strategis bagi Indonesia untuk mewujudkan pembangunan dan cita-cita pariwisata berkualitas dan berkelanjutan.

3. WCCE 2022
Pada 5-7 Oktober 2022, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka konferensi ke-3 Ekonomi Kreatif atau World Conference on Creative Economy (WCCE) Tahun 2022 di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Kabupaten Badung, Kamis (06/10/2022).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mangatakan bahwa Indonesia akan mengambil peran terdepan untuk membangun ekosistem ekonomi kreatif yang inklusif.

"Indonesia akan mengambil peran terdepan untuk membangun ekosistem ekonomi kreatif yang inklusif, mendorong peran ekonomi kreatif yang lebih besar dalam pemulihan ekonomi global," jelas Jokowi.

Presiden meyakini ke depan ekonomi kreatif dapat menjadi solusi dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat secara luas dan berkelanjutan karena mampu mendobrak batas geografis, gender, ras, dan strata ekonomi.

"Ekonomi kreatif bisa menjadi pilar utama untuk mendobrak pertumbuhan ekonomi yang inklusif, pertumbuhan ekonomi untuk semuanya," lanjutnya.

4. WSBK Mandalika
Setelah menyuguhkan aksi balap menegangkan MotoGP, Sirkuit Mandalika kembali menggelar ajang balapan World Superbike (WSBK) pada 11-13 November 2022. WSBK sendiri merupakan ajang balap sepeda motor produksi massal.

Pebalap Pata Yamaha with Brixx, Toprak Razgatlioglu berhasil naik podium sebanyak tiga race. Dia memenangkan race pertama, superpole race, kemudian menjadi yang tercepat pada race kedua di Sirkuit Mandalika.

Namun, Toprak gagal menyandang gelar juara dunia WSBK 2022. Pasalnya, raihan poin Alvaro Bautista di puncak klasemen sudah tidak mungkin terkejar oleh pembalap asal Turki.

5. Pertemuan KTT G20
Pada 15-16 November 2022, Indonesia dipercaya untuk menyelenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Pertemuan ini berlangsung di The Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali.

Dalam sambutannya saat pembukaan G20, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung mengenai tantangan krisis luar biasa yang akan dihadapi dunia.

Menurut dia, negara berkembang paling terdampak akibat situasi dunia saat ini. Kondisi ini akan memunculkan dampak terhadap ketahan pangan, energi, keuangan.

"Dunia sedang mengalami tantangan luar biasa, krisis demi krisis terjadi, pandemi COVID-19 belum usai, rivalitas terus menajam, perang terjadi, dan dampak berbagai krisis tersebut terhadap ketahanan pangan, energi. keuangan dirasakan dunia terutama negara berkembang," tuturnya.

BERITA TERKAIT