test

News

Jumat, 23 Desember 2022 14:23 WIB

Hadapi Libur Nataru, KAI Siapkan 3.943 Petugas Pengamanan

Editor: Fitriawan Ginting

Kondisi penumpang kereta api (KA) di area Daop 1 Jakarta. (Foto: PMJ News).

PMJ NEWS - Menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru), PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan melakukan posko angkutan Nataru untuk memastikan operasional kereta, pelayanan dan penerapan protokol kesehatan di stasiun dan selama dalam perjalanan berjalan baik.

KAI telah menyiapkan segala sumber daya untuk melayani pelanggan secara maksimal. Kesiapan KAI mencakup sumber daya manusia, sarana, prasarana, maupun hal lain-lain yang berkaitan dengan pelayanan secara keseluruhan.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, untuk aspek SDM, seluruh petugas operasional seperti masinis dan asisten masinis siap mematuhi SOP.
Para petugas frontliner seperti kondektur, prama/prami, dan customer service dipastikan melayani pelanggan dengan sepenuh hati. KAI konsisten memberikan perhatian terhadap keselamatan, keamanan, dan kenyamanan terutama di peak season seperti Angkutan Nataru.

Dijelaskan, untuk meningkatkan keselamatan pada perjalanan kereta api, pihaknya menyiapkan 45 petugas pemeriksa jalur ekstra, 324 petugas penjaga pintu perlintasan ekstra, dan 62 petugas daerah rawan.

Total 431 petugas disiagakan di sepanjang lintas KA Jawa dan Sumatera untuk memantau apabila terjadi rintang jalan atau peristiwa luar biasa hebat (PLH) yang bisa menghambat perjalanan KA.

Sementara, sebagai langkah pengamanan bagi pengguna jasa kereta api, KAI juga menyiapkan 3.943 petugas pengamanan dari unsur internal dan eksternal perusahaan saat Nataru. Adapun rinciannya yakni 1.338 personel Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska), 2.202 personel Security, dan 403 personel tambahan dari TNI/Polri.

"Ribuan petugas pengamanan nantinya akan melakukan pengamanan di atas KA, stasiun, serta melaksanakan patroli mobile sepanjang lintas jalur KA yang rawan tindakan kejahatan. Di samping itu, para petugas pengamanan juga tetap akan menegakkan protokol kesehatan bagi seluruh pelanggan di stasiun dan selama perjalanan," kata Didiek dalam keterangan resminya, Jumat (23/12).

Lebih lanjut, pada sisi fasilitas, pihaknya telah mempersiapkan dengan optimal mulai dari memasuki area stasiun, di atas kereta, hingga keluar area stasiun tujuan. Kebersihan area stasiun, ruang tunggu penumpang, toilet, serta kereta terus dijaga untuk memberikan kenyamanan kepada para pelanggan.

“KAI atas arahan dari Kementerian Perhubungan telah melakukan persiapan-persiapan memasuki masa Angkutan Natal dan Tahun Baru. Di antaranya pengecekan Ramp Check dan Standar Pelayanan Minimum di seluruh wilayah operasi KAI sudah dilakukan bersama-sama dengan Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan di bulan Oktober dan November,” tandasnya.

BERITA TERKAIT